Pramuka Gugus Depan MIN 12 Pidie Jaya Gelar Pelantikan Siaga Mula dan Siaga Bantu

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Pidie Jaya, – Kamis 6 Oktober 2022 diadakan Upacara pelantikan Siaga Mula dan Siaga Bantu gerakan Pramuka Gugus Depan MIN 12 Pidie Jaya. Upacara ini diikuti oleh peserta gerakan Pramuka Gugus Depan MIN 12 Pidie Jaya yang berjumlah 65 peserta didik dan langsung dilantik dan diresmikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Pidie Jaya, Ahmad Yani, S.Pd.I.

Pada upacara ini juga turut dihadiri oleh seluruh kepala Madrasah tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah se-kabupaten Pidie Jaya. Upacara dimulai tepat pukul 9.00 WIB hingga selesai tepat pukul 11.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Rangkaian acara dan prosesi acara di tata langsung oleh ibu Muslailati, S.Pd yang dalam kegiatan kepramukaan ini dipanggil sebagai Bunda Laty.

Yang paling menarik dalam acara ini adalah persembahan parade Semaphore yang di koreografi kan oleh Bunda Laty dan dipandu langsung oleh 4 peserta gerakan Pramuka Gugus Depan Man 4 Pidie Jaya yaitu Yanda Hakim, Bunda Naziratul Husna, Bunda Arsya dan Bunda Zurrahmi.

Persembahan parade Semaphore yang mengawali prosesi upacara pelantikan Siaga Mula dan Siaga Bantu pada MIN 12 Pidie Jaya ini membuat pembukaan upacara tersebut menjadi sangat meriah dan hikmad.

Turut hadir selain Kepala Kantor Kementerian Agama Pijay Ahmad Yani, SPd.I yang bertindak langsung sebagai Yanda pembina upacara, juga turut hadir beberapa pejabat Kantor Kementerian Agama lainnya, di samping kepala kepala Madrasah tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah.

Foto Dokumentasi

Dalam amanatnya Kakankemenag Pidie Jaya menyampaikan bahwa Pramuka merupakan satu-satunya wadah yang dapat membentuk karakter peserta didik menjadi karakter yang selalu menanamkan jiwa kebangsaan dalam dirinya, tata krama dan etika dalam kehidupan, juga keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, pramuka merupakan wadah satu-satunya yang dapat membentuk karakter mandiri, terampil, jujur dan berani.

Kakankemenag Pidie Jaya menyampaikan apresiasi terhadap MIN 12 Pidie Jaya yang saat ini merupakan Pioner bagi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah .

Ahmad Yani menambahkan, ia sangat berharap melalui Kasie Pendis agar mengkoordinasikan dan merealisasikan untuk tindak lanjut kegiatan ekstra kurikuler kepramukaan ini terhadap Madrasah lainnya yang berada di Pidie Jaya.

“Bahkan salah satu pengawas menyatakan rasa bangga dan rasa Haru melihat hikmatnya dan antusiasnya peserta didik yang sudah menjadi anggota gerakan Pramuka MIN 12 Pidie Jaya dalam melaksanakan tugas mereka
di upacara tersebut,” kata Bunda Lati sang Pelatih.

“Padahal mereka baru bertemu selama 6 kali pertemuan,” ujar Bunda Laty kepada Cek Mad.

Sementara itu Kepala MIN 12 Pidie Jaya Bapak Imran, S.Pd.I mengungkapkan rasa kebanggaan dan rasa gembira yang tak terhingga karena MIN 12 Pidie Jaya yang dipimpinnya setelah menjadi Pioneer dan Madrasah pertama untuk tingkat Ibtidaiyah yang melaksanakan pelantikan Siaga Mula dan Siaga Bantu untuk Madrasah Ibtidaiyah di Pidie Jaya. “Selamat untuk MIN 12 Pidie Jaya. Salam pramuka.” [Cek Mad/jbm]

Pos terkait