337 Warga Lansia di Pulo Gadung Terima Vaksin Covid-19

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Sebanyak 337 warga lansia (lanjut usia) menerima vaksinasi Covid-19 di SD Negeri Pulo Gadung 05 pagi, Jalan Kayu Putih Empat, RT 003/RW 05, Kelurahan Pulo Gadung, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Senin (01/03).

Koordinator Imunisasi Puskesmas Kecamatan Pulogadung, Fery Indriyani, mengatakan, total keseluruhan pemberian vaksin untuk wilayah Kecamatan Pulo Gadung sebanyak 24.000 lansia dan umum.

Bacaan Lainnya

“Hari ini, kita berikan vaksinasi kepada 287 orang lansia yang telah mendaftar dari situs web dki.kemkes.go.id dan 50 orang lansia yang langsung hadir di lokasi. Jadi, total hari ini ada 337 orang lansia yang di vaksin,” Jelas Fery.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini, para lansia menjalani skrining kesehatan, dilanjutkan dengan menjalani vaksinasi, kemudian dilakukan observasi. Pemberian vaksinasi ini terbagi dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari.

“Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated vaccine (untuk memancing reaksi imun) ke tubuh, sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru. Sementara, vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal,” Jelasnya.

Dirinya berharap, bagi yang sudah divaksin agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan) dalam aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, Manik warga Kelurahan Pulo Gadung mengucapkan terima kasih atas adanya program vaksinasi Covid-19 masal untuk lansia ini.

Alhamdulillah, setelah selesai vaksin saya tidak ada keluhan apapun. Mudah-mudahan kedepannya tidak ada orang yang tertular virus Covid-19,” Ujar Manik. [Kominfotik JT/MM]

Pos terkait