40 Produk Perajin Dekranasda Dikurasi

Dok. Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan kurasi pada produk perajin. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Barometernews.id | Jakarta, – Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Kurasi Produk Ekonomi Kreatif Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Kegiatan tersebut berlangsung, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (29/6).

Bacaan Lainnya

Dhany mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mengembangkan kualitas produk para perajin. “Tujuan Kurasi adalah menseleksi produk dan menempatkan sesuai tingkatannya mulai A, B, dan C. Sekaligus melakukan branding terhadap produk tersebut,” Katanya.

Menurutnya, produk-produk para perajin cukup bagus sehingga perlu dikurasi untuk meningkatkan kualitas produk agar menjadi lebih bagus dan berstandar nasional bahkan internasional.

“Mudah-mudahan lewat kurasi ini dapat meningkatkan kualitas produk mulai dari desain yang dinamis mengikuti kebutuhan pasar,” Ucapnya.

Dhany menuturkan, para perajin selalu didukung Dekranasda sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi para perajin yang bisa dikomunikasikan, disinergikan dan dikolaborasikan baik oleh pemerintah, dunia usaha serta kelompok usaha lainnya yang sesuai dengan branding kerajinan yang digeluti.

“Harapannya para perajin kita dapat naik kelas dari C ke B dan ke A bahkan bisa berkiprah pada skala yang lebih luas lagi, skala internasional,” Tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menjelaskan ada 40 produk yang akan dikurasi hari ini.

“Anggota Dekranasda Jakarta Pusat hampir 100 dan telah dikurasi, jadi hari ini ada yang dikurasi ulang mungkin akan naik ke Grade A, Grade B, dan Grade C, karena ada yang baru satu tahun. ada yang tiga tahun dan sudah lima tahun bahkan puluhan tahun menjadi anggota Dekranasda Jakarta Pusat,” Jelasnya.

Ucu mengungkapkan, Dekranasda membuka peluang untuk siapa saja menjadi anggota tetapi karena Dekranasda menginginkan adanya tingkatan maka akan dipilah.

“Ini saatnya ada tim kurasi untuk melihat mana yang bisa kita ekspor karena di Kementerian Parekraf mengharapkan UMKM bisa go Intenasional, jadi diberi kesempatan siapa saja anggota Dekranasda untuk menjajakan produknya di luar negeri,” Ungkapnya.

Dalam kurasi ini dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Shinta Nindyawati, Kepala Suku Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Lestari Ady Wiryono, Kepala Bagian Umum dan Protokol Istya Sati Murmendyah, Perwakilan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah serta anggota Dekranasda. [Kominfotik JP]

Pos terkait