5.473 Guru Madrasah se Sumatera Barat Ikuti USKA PPG

Foto Dok. USKA PPG di Tilok 2 Pasaman Barat (MTsN 2 Pasaman Barat, Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang)
Barometernews.id | Padang, – 5.473 guru madrasah se Sumatera Barat, Jumat dan Sabtu, 25-26 Maret 2023, ikuti Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) PPG (Pendidikan Profesi Guru) secara online dan offline se Sumatera Barat. USKA PPG secara online, digelar di titik lokasi (Tilok) yang ditetapkan di kabupaten/kota yang bersangkutan.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Helmi, didampingi Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad), Hendri Pani Dias, menyampaikan, dilaksanakan USKA PPG selama dua hari ini merupakan tonggak sejarah penghargaan dan perlindungan terhadap profesi guru madrasah, khususnya di Sumatera Barat.

Dijelaskan Hendri Pani Dias, pemerintah pusat, melalui Kementerian Agama, mengesahkan Undang Undang (UU) Nomor. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UU GD). Dan aturan ini pulalah yang menjadi dasar sekaligus acuan diselenggarakannya kegiatan ini.

Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu wujud implementasi UUGD, telah dilaksanakan semenjak tahun 2007 dan kemudian tahun 2018. Tahun ini pulalah pertama kali sertifikasi guru, melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dilaksanakan.

Di Sumatera Barat, jelas Kabid Penmad Kanwill Kementerian Agama Sumatera Barat itu, lokasi yang ditetapkan sebagai tempat Seleksi Akademik (TSA) adalah, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan 5 Agam, dengan Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Tarbiyah Islamiah (TI) Candung di Kabupaten Agam.

MAN 1 Pasaman dan MTsN 1 Pasaman di Kabupaten Pasaman, MTsN 2, 5 dan 6 Limapuluh Kota di Kabupaten Limapuluh Kota, MTsN 2 Solok dan MAN 1 Solok di Kabupaten Solok, MTsN 2 dan 3 Padangpariaman di wilayah Kabupaten Padangpariaman.

MAN 1 dan 2 Pesisir Selatan, MTsN 5 dan 9 Pesisir Selatan, MTsS Muhammadiyah Lakitan di Kabupaten Pesisir Selatan, MTsN 6 Tanah Datar dan MAN 2 Tanah Datar di Kabupaten Tanah Datar, MTsN 3 Sijunjung di Kabupaten Sijunjung, MTsN 2 Mentawai di Kabupaten Kepulauan Mentawai, MTsN 2, 3 dan 4 Pasaman Barat dengan MAN 2 Pasaman Barat di Kabupaten Pasaman Barat.

MAN Dharmasraya dan MTsN Dharmasraya di Kabupaten Dharmasraya, MAN 1 Solok Selatan di Kabupaten Solok Selatan, MAN 1 Bukittinggi di Kota Bukittinggi, MAN 1 dan 2 Padang, MTsN, katanya menjelaskan. [gmz/jbm]

Pos terkait