50 Karung Sampah dan Lumpur Diangkut dari Saluran Air di Rawamangun

  • Whatsapp
Foto Dok. Kelurahan Rawamangun

Barometernews.id | Jakarta, – Sebanyak 50 karung berisi sampah dan lumpur sedimentasi diangkut dari hasil pengerukan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di saluran air untuk mengantisipasi genangan dan banjir wilayah Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Pengurasan saluran tersebut merupakan dari bagian rutinitas bagi anggota PPSU secara bergantian tersebut dalam menjaga kebersihan dan keasrian di lingkungan. Kali ini, pengurasan saluran difokuskan pada saluran sepanjang Jalan Rawamangun Muka Selatan 2 RT 002/RW 13 Kelurahan Rawamangun, Rabu (13/10).

Bacaan Lainnya

Lurah Rawamangun, Hery Kurniawan, mengatakan bahwa pengerukan itu merupakan upaya mengantisipasi terjadinya luapan air yang berakibat terjadinya genangan air di sekitar wilayah saat musim hujan datang.

“Ini kita kuras dan bersihkan. Semoga saat hujan deras air dapat mengalir normal, sehingga tidak terjadi genangan,” Katanya saat dikonfirmasi.

Dijelaskan Hery, bahwa kegiatan pengerukan lumpur dan sampah di saluran air ini melibatkan lima petugas PPSU. Dengan, menggunakan peralatan seadanya, petugas membersihkan saluran air, mengangkut sampah-sampah dan sedimen lumpur ke permukaan, untuk selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Dia berharap, kegiatan antisipasi banjir dan genangan lewat pengerukan sampah dan sedimen lumpur, dapat diikuti oleh warga di wilayahnya masing-masing dengan cara bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan serta saluran airnya.

“Ini bagian edukasi dan kolaborasi, pengurasan saluran air diharapakan timbulnya kesadaran bagi warganya dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” Pungkasnya. [Kominfotik JT/AJ]

Pos terkait