50 Kg Sayur Hasil Urban Farming Dipanen di Masjid Jami Al-Muhajirin Cakung

Foto Dok. Baznas Bazis Kota Jakarta Timur

Barometernews.id | Jakarta, – Penggiat agama Masjid Jami Al-Muhajirin Jalan Pulo Batam, Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarata Timur, melakukan panen raya sayur hasil dari urban farming binaan Baznas Bazis Kota Jakarta Timur, Sabtu (06/02).

Sebanyak, 50 kilogram sayur jenis pakcoy dan kangkung dipanen setelah proses pembibitan selama 1 bulan. Panen ini bertujuan memberikan edukasi kepada para penggiat agama tentang pemanfaatan ruang di lingkungan masjid untuk bercocok tanam.

Bacaan Lainnya

Koordinator Wilayah Baznas Bazis Kota Jakarta Timur, Eka Nafisa, mengapresiasi atas hasil urban farming yang memiliki manfaat besar dalam memakmurkan masjid. Ini merupakan terobosan Baznas Bazis DKI Jakarta dengan memberikan paket perlengkapan urban farming senilai Rp 20 juta beserta pupuk dan bibit yang tersebar di 12 masjid se-DKI Jakarta.

Alhamdulillah, bisa dipanen dan ini perdana. Hasilnya cukup banyak, dan bisa membuahkan hasil yang dapat dipergunakan untuk pemeliharaan masjid dan warga sekitar,” Kata Eka.

Menurutnya, urban farming telah menjadi kegiatan baru di masa pandemi, terkait kebutuhan ketahanan pangan dengan mengkonsumsi hasil pertanian yang sehat dan bergizi. Ia pun mengingatkan, hasil urban farming juga dapat dimanfaatkan untuk sedekah kepada warga sekitar terkonfirmasi Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri dirumahnya.

“Banyak manfaat yang dihasilkan untuk kepentingan bersama, tentunya dari umat untuk umat,” Pungkasnya. [Kominfotik JT/AJ]

Pos terkait