“Agent of Change” IMKP Gelar Khitanan Massal

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Pasbar, – Ikatan Mahasiswa Kecamatan Pasaman (IMKP) Pasaman Barat yang tergabung dalam KolaborAksi Kemanusiaan Pasbar bersama MRPB Peduli, Senin (05/07) bertempat di Kompleks Kegiatan KKPB Latifa Jalur 32 Simpang Empat Pasbar melaksanakan Khitanan Massal.

Foto Dok. Pembina IMKP saat memberikan cendramata

Kegiatan Khitanan Massal ini diawali dengan  melantunkan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, yang dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Panitia, Oksenda Fauzon Putra dan sambutan Ketua IMKP, Agatya Geovano serta sambutan dari Ketua MRPB Peduli, Mon Eferi.

Bacaan Lainnya

Acara khitanan secara resmi dibuka oleh Ketua Komisi III DPRD Pasaman Barat yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat (KKPB), Decky H Sahputra.

Ketua IMKP, Agatya Geovano seusai acara khitanan mengatakan, meskipun selama ini mereka telah banyak berbuat secara internal, namun hal itu belum memuaskan mereka dalam berbuat tuk peduli terhadap lingkungannya.

Akhirnya karena mendengar dan melihat adanya wadah tempat telah berkumpulnya berbagai organisasi sosial kemasyarakatan di Pasaman Barat, yaitu KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat (KKPB), yang pergerakannya sudah tak diragukan lagi, apa lagi setelah mereka melihat setiap komunitas maupun organisasi yang telah bernaung di KKPB bersifat independent dan bergerak otonom, sebab KKPB hanya bertindak sebagai koordinator, pembina dan fasilitator saja, bahkan setelah mereka ikuti, ternyata KKPB selama ini sebagai wadah KolborAksi telah banyak memberikan bantuan ataupun solusi jika diperlukan oleh berbagai komunitas yang ikut bergabung di KKPB, maka IMKP pun memilih bergabung ikut berkolaborAksi berada dalam naungan KKPB.

“Setelah kami bergabung di KKPB ini, akhirnya kegiatan kami makin eksis dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” Ujarnya.

Foto Dok. IMKP Foto bersama dengan tim medis

Agatya Geovano menambahkan, di saat liburan sekolah, apa lagi melihat kondisi masyarakat di tengah pandemi saat ini, maka pihaknya bersepakat melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti yang dilaksanakan pada hari ini yaitu berupa khitanan massal gratis.

“Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak khususnya kepada Bapak Ketua Komisi III DPRD Pasbar, orang tua kami, Niniak. H. Baharuddin, R. dan juga kepada Bapak Decky H. Sahputra dan Bapak Mon Eferi dari KKPB dan MRPB P sebagai pembina kami di IMKP yang selama ini telah banyak mensupport dan memfasilitasi kami hingga terlaksananya dengan sukses kegiatan khitanan massal gratis ini,” Ucap Geovano.

Ketua Komisi III DPRD Pasbar, Drs. H. Baharuddin melalui Ketua KolaborAksi Kemanusiaan Pasbar, Decky H. Sahputra menyampaikan apresiasi dan bangga kepada adik-adik Mahasiswa yang tergabung di IMKP yang telah mampu menggelar kegiatan khitanan gratis bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu yang datang dari berbagai Nagari dan kejorongan yang ada di Kecamatan Pasaman ini, apa lagi semua hadir dengan didampingi oleh orangtuanya masing-masing tetap dengan mematuhi dan mengikuti prokes, bahkan di mana pihak IMKP pun ternyata juga ada memberikan sebuah kain sarung dan masker kepada masing-masing anak yang dikhitan.

Dikatakannya, setiap orangtua dari anak-anak yang dikhitan merasa bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada IMKP yang telah memberikan kesempatan khitanan bagi anak-anak mereka.

Ketua KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat (KKPB), Decky H Sahputra menambahkan, meskipun kegiatan ini baru pertama kali mereka laksanakan namun berjalan sukses dan lancar, bahkan program pertama dari kegiatan IMKP ini ke depannya akan di agendakan menjadi program tahunan.

Hal senada juga disampaikan oleh Mon Eferi selain menyampaikan apresiasi kepada IMKP yang telah sukses melaksanakan kegiatan khitanan ini, apa lagi menurutnya dalam sejarah, mahasiswa selalu memiliki peran yang sangat penting dalam setiap pergerakannya.

Dikatakannya, mahasiswa bukan hanya bertugas untuk berangkat ke kampus, kuliah, dan pulang ke kos atau ke rumah saja, tapi mahasiswa yang peduli terhadap lingkungannya tentu berbuat lebih dari itu, tidak hanya ada dalam kampus.

Terbukti seperti yang dilaksanakan oleh IMKP saat ini, yakni mahasiswa mampu berperan dalam masyarakat, di mana peran ini bukan saja berefek pada masyarakat di lingkungan sekitarnya saja, fakta sejarah selama ini mahasiswa juga memiliki dampak besar bagi kemajuan bangsa dan negara. Karena itulah predikat “Agent of Change” disematkan kepada mahasiswa.

Menurutnya, karena menyadari kedudukannya sebagai Agen of Change tersebutlah puluhan mahasiswa dari berbagai kampus yang berasal dari Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasbar ini sekitar lebih kurang enam bulan yang lalu tepatnya di akhir tahun 2020 membentuk Ikatan Mahasiswa Kecamatan Pasaman (IMKP).

Diterangkan nya, adik-adik mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ini membentuk IMKP yakni bertekad untuk ikut serta peduli terhadap kondisi lingkungannya,maupun masyarakatnya, termasuk dalam pembangunan di lingkup kecamatan Pasaman.

“Alhamdulillah, meskipun baru berumur setengah tahun, IMKP yang dikomandoi Agastya Geovano setelah ikut bernaung di KKPB ternyata telah mampu melakukan berbagai kegiatan sosial kemanusiaan yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kurang mampu. Dan hari ini, Selasa (05/07/2021) setelah hampir 3 minggu IMKP mempersiapkan segala sesuatunya berdasarkan masukan dan solusi maupun fasilitasi dari KKPB akhirnya adik-adik mahasiswa ini mampu menggelar acara Khitanan massal gratis untuk anak-anak keluarga kurang mampu di kompleks Lathifa Pasbar,” Terang Mon Eferi.

Mon Eferi mengungkapkan, IMKP yang tak pernah jenuh, terus berkoordinasi dengan KKPB dan akhirnya mampu menjalin kerjasama dengan berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan Pasbar, BPBD Pasbar, Ketua Komisi III DPRD Pasaman Barat, Drs. H. Baharuddin Rabaan, M.M. serta para donatur lainnya, hingga berhasil mengajak sebanyak 31 orang anak dari keluarga kurang mampu untuk ikut dalam khitanan massal ini. [Zoelnasti]

Pos terkait