Ajari Mapel Prakarya, Guru ini Ajak Siswa Menanam Sayuran

Foto : Syw

Barometernews.id | Pidie, – Ada berbagai cara untuk membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan membuat siswa berkesan dengan pengalaman belajar tersebut. Salah satunya melakukan praktik menanam sayuran. Seperti yang dilakukan oleh Salma, S.PdI, guru yang mengampu mata pelajaran Prakarya di SMP 3 Indrajaya. Sabtu, (7/03)

Foto : Syw

Berdasarkan pantauan redaksi, sayuran yang ditanam oleh siswa yang ikut dibimbing oleh gurunya yakni Bayam, Kangkung dan beberapa jenis tanaman hias.

“Ini tujuannya agar siswa memiliki skill ala kampung, yang mampu memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam,” terang Salma.

Lahan yang digunakan untuk bercocok tanam sendiri memiliki luas kurang 30 meter, yang juga masuk masih dalam pekarangan sekolah. Salma mengatakan, ide mengajak siswa bercocok tanam tersebut didasari oleh adanya salah satu materi yang ada dalam silabus mata pelajaran yang ia ampu.

Menurutnya, proses pembelajaran dengan menggunakan media tersebut sangat efektif, sehingga siswa mudah mengerti terhadap materi yang dipelajarinya.

Foto : Syw

“Mengajak siswa bercocok tanam sayuran, juga merupakan media pembelajaran yang membuat siswa senang. Belajarnya kayak main-main, tapi ada ilmu yang ia dapat,” ungkap Salma.

Ia menambahkan, semua sayuran yang sudah bisa dipanen diberikan secara gratis untuk Masing-masing wali siswa dan juga dijual kepada guru,

“jadi siswa juga belajar berwirausaha di sini,” katanya.

Dan untuk kedepan, ia akan mencoba mengajak siswa untuk bercocok tanam dengan media atau teknik hidroponik.

“Menggunakan hidroponik lebih efisien dan membuat tanaman jadi lebih bersih. Mudah-mudahan nantinya juga mendapat dukungan dari pihak sekolah.” Pungkasnya. (Red/Syw)

Pos terkait