Antusias Warga Dusun III Bergotong Royong Perbaiki Jalan

Foto Dok. Antusias warga dalam merehab jalan
Barometernews.id | Pasbar, – Antusias warga Dusun III bergotong royong perbaiki jalan sebagai langkah dalam menuntaskan persoalan transportasi yang ada di Dusun III Nagari Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.
Foto Dokumentasi

Antusias warga dalam bergotong royong ini, akhirnya menuntaskan hampir seluruh jalan yang berlubang di sepanjang Jalur Blok B Dusun III tersebut.

“Hampir di seluruh jalan perumahan blok b yang kondisi sebelumnya rusak, karena bergelombang dan berlobang, kini Alhamdulillah, sudah enak dan sedikit nyaman untuk dilalui,” ujar Indra salah seorang warga Giri Maju yang selalu menggunakan jalur ini.

Bacaan Lainnya

Sementara Kepala Dusun III, Fhadli S menyampaikan ucapan terimakasih kepada warganya yang selama sebulan ini, telah bahu membahu secara bersama aktif bergotong royong dengan antusias memperbaiki jalan disepanjang Dusun tiga ini.

Menurutnya, selama ini akibat dari rusaknya jalan disepanjang Dusun tiga ini sangat mengganggu aktivitas masyarakat disekitar, bahkan bukan saja transportasi kegiatan rutinitas, tapi roda perekonomian masyarakatpun ikut menjadi terganggu.

Namun berkat adanya kebersamaan Warga Dusun III yang secara swadaya, sejak sebulan yang lalu, di mana setiap hari Sabtu, secara berkesinambungan terus mengadakan kegiatan gotong royong perbaikan jalan yang berlobang dan bergelombang di sepanjang Blok B ini, akhirnya hari ini Sabtu (18/02/2023) jalan Dusun tiga sudah nyaman dan aman untuk dilalui.

“Kondisi jalan jalur Blok B Dusun tiga ini, berkat kebersamaan warga, akhirnya dapat dilalui dengan nyaman, tidak lagi berlobang dan bergelombang, khususnya bagi kenderaan roda dua,” terang Fhadli.

Foto Dok. Warga istirahat sambil menikmati makan siang

Saat Kepala Dusun yang didampingi oleh Atrizal salah seorang tokoh pemuda setempat ditanya terkait pendanaan untuk kegiatan ini, Fhadli dan Atrizal menyampaikan bahwa anggaran untuk melaksanakan perbaikan jalan yang bergelombang dan berlobang ini adalah murni dari sumbangan warga Dusun tiga dan dibantu dari donatur warga sekitar yang melintas dijalan tersebut dengan keikhlasan dan kerelaannya dalam membantu dengan ala kadarnya.

“Warga yang melintas juga terlihat peduli untuk membantu kegiatan gotong royong ini dan mereka sangat antusias sekali saat memberikan sumbangannya,” terang Atrizal.

Karena warga sadar bahwa kegiatan perbaikan jalan ini adalah bukan saja untuk kepentingan lingkungan mereka, tapi seluruh masyarakat sekitar dan pengguna jalan.

Anggota BPD (Bamus) Nagari Koto Baru perwakilan Giri Maju yang juga warga dusun 03 sangat mendukung sekali terhadap kegiatan gotong royong ini.

Menurutnya, jalan lingkungan Blok B yang ada di Dusun 3 ini sudah sewajarnya mendapatkan perhatian, sebab Blok B ini merupakan jalan alternatif bagi masyarakat Giri Maju, terutama bagi warga yang berdomisili di wilayah kompleks perumahan atas.

Menurutnya, sebahagian besar warga memang sengaja memilih Blok B ini untuk dilalui, sebab jalurnya strategis dan mudah dijangkau dari lingkungan komplek perumahan atas.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Jayasman salah seorang Tokoh masyarakat setempat, disamping itu menurutnya ini sebagai bentuk kepedulian warga terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

Dikatakannya, kepedulian tersebut telah melekat di warga Dusun tiga, sebab selama ini bila ditemukan kondisi jalan yang bergelombang dan berlobang, secara spontan dengan semangat gotong royong, warga bahu membahu untuk memperbaiki dan menimbun dengan tanah dan pasir, bahkan mencor jalan yang rusak tersebut.

Jayasman menambahkan, selain itu warga bukan saja bergotong royong dengan tenaga, tetapi antusias warga dan semangat tersebut dibuktikan juga dengan sumbangan baik material maupun dana.

“Kegiatan ini murni kepedulian warga Dusun III dalam menangani masalah jalan di lingkungan yang rusak, sehingga masyarakat pengguna jalan ini pun tak segan-segan ikut membantu dalam pendanaannya, hal ini sebagai komitmen kebersamaan yang harus dicontoh,” ujarnya.

Sementara Kepala Jorong Giri Maju, Danang Panjiwana yang juga hadir dalam kegiatan penuntasan perbaikan jalan tersebut, mengucapkan terimakasih kepada warga Dusun tiga dan seluruh masyarakat Giri Maju yang telah berinisiatif bergotong royong memperbaiki jalan Dusun tiga Jalur Blok B ini.

“Alhamdulillah dengan adanya gotong royong ini, warga Dusun tiga sudah memberi contoh yang baik, dan kebersamaan ini telah membantu pemerintah dalam menangani masalah jalan dan drainase di wilayahnya,” ucap Danang.

Mudah-mudahan dengan adanya perbaikan jalan ini, masyarakat pengguna jalan dapat menikmati hasil kebersamaan yang sudah dilaksanakan oleh warga ini.

“Kita berharap, masyarakat dan semua pengguna jalan ini bisa memelihara hasil perbaikan yang sudah dilakukan oleh warga Dusun tiga ini,” harap Danang mengakhiri. [Zoelnasti/jbm]

Pos terkait