Antusiasme Masyarakat Memanfaatkan Mudik Gratis Lebaran

Foto Dokumentasi

Oleh: DR. Basuki Ranto

Dosen Pascasarjana Universitas Suropati

Bacaan Lainnya

Mudik gratis merupakan program yang dilaksanakan pada setiap lebaran kecuali pada masa pendemi Covid 19, kegiatan ini untuk beberapa tahun tidak dilaksanakan karena kebijakan PPKM.

Dilansir dari laman Kementerian Perhubungan menyebutkan program mudik gratis yang diselenggarakan di masa Angkutan Lebaran Tahun 2023, baik melalui jalur darat, laut, serta kereta api.

Program mudik gratis menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada tahun ini, khususnya pengguna sepeda motor yang diprediksi akan mencapai 25,13 juta orang atau 20,3% dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

Program ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sepeda motor, yang menjadi moda kedua paling favorit yang akan digunakan masyarakat saat perjalanan masa mudik Lebaran, setelah mobil pribadi.

Terkait program mudik gratis yang mengangkut penumpang dengan bus dan sepeda motor dengan truk, respon masyarakat sangat antusias untuk memanfaatkan mudik gratis tersebut.

Hal ini terbukti pendaftar telah memenuhi kuota yang tersedia. Total kuota yang disediakan yaitu sebanyak 24.072 penumpang dengan 585 unit bus.

Namun demikian, pemerintah masih memberikan toleransi perpanjangan jika masih ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali jika ada pendaftar yang tidak melakukan validasi sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Sementara itu, untuk program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api yang menyediakan kapasitas hingga lebih dari 46 ribu penumpang dan lebih dari 10 ribu unit sepeda motor untuk arus mudik dan balik.

Program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut, menyediakan total kapasitas arus mudik dan balik hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor. Sejumlah fasilitas yang akan didapat para peserta mudik gratis dengan kapal di antaranya yaitu dua kali makan dan dua kali camilan selama perjalanan yang diperkirakan memakan waktu sekitar 17 jam.

Pelaksanaan Mudik Gratis

Pelaksanaan Mudik Gratis dilakukan oleh masing-masing Pemerintah Daerah, Bank-Daerah, Pihak Jasa Marga, Instansi fungsional, BUMN, Perusahaan Swasta sebagai pendukung pelaksanaan Mudik Gratis Lebaran 2023.

Beberapa pelaksanaan diantaranya :

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Gubernur melepas pemudik gratis lebaran berjumlah 10.750 orang dengan memberangkatkan para pemudik dengan 207 unit bus dari kawasan TMII.

Sedangkan dari Kementerian BUMN melepas keberangkatan mudik gratis yang menggunakan berbagai moda transportasi untuk lebih dari tujuh puluh delapan ribu (78.000) orang terdiri atas 57.587 via transportasi bus, 16.590 via kereta api dan 3.840 menggunakan moda kapal laut.

Sementara Pemerintah Provinsi Jambi, Gubernur Jambi melepas dua bus program mudik gratis dengan tujuan Pulau Jawa. Al Haris mengaku ingin menyenangkan warganya dengan menyediakan transportasi agar bisa mudik secara gratis.

Senin (17/4) bertempat di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melaksanakan program Mudik Gratis dengan Sepeda Motor Naik Kapal Laut tahun ini dengan menyediakan kuota sebanyak 5.000 sepeda motor dan 10.000 penumpang. Pada program mudik tahun 2023 ini masyarakat sangat antusias untuk mengikuti program mudik gratis dengan kapal laut.

Tentu saja masih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan oleh banyak pihak dalam menunjang pelaksanaan mudik lebaran secara gratis kepada masyarakat.

Gambaran tersebut menunjukkan bahwa program mudik gratis merupakan sebuah kegiatan yang sangat ditunggu masyarakat untuk bisa melaksanakan mudik lebaran kekampung halaman dan ditunjukkan dengan antusiasme masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan yang sangat menjadi kebutuhan yang dinantikan pada setiap tahun bagi masyarakat yang berkekurangan, akan tetapi dalam pelaksanaannya kelompok ini masih kurang tersentuh akibat beberapa keterbatasan baik dalam fleksibilitas maupun cara mengakses untuk memanfaatkannya.

Disisi lain melalui kegiatan ini dapat terlihat kehadiran pemerintah dalam menyiasati keperluan masyarakat yang mendesak terkait dengan beberapa masalah yang dibutuhkan rakyat, sehingga program ini perlu ditingkatkan lagi dengan perbaikan dalam beberapa hal.

Sementara dilihat dari tujuan mudik gratis ini adalah untuk mengurangi mudik dengan kendaraan sepeda motor melalui jalur darat, namun dalam kenyataannya pemudik dengan sepeda motor masih banyak dijalanan dengan alasan tidak mendapatkan tiket untuk mudik gratis.

Kesimpulan

Dari beberapa uraian sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan bahwa program mudik gratis ini memberikan manfaat secara kuantitatif maupun secara manfaat bagi masyarakat akan kebutuhan mudik lebaran, hal ini terbukti dengan antusiasme masyarakat yang sangat tinggi sehingga kuota mudik yang disediakan baik melalui darat, laut dan sarana lainnya laris manis, habis dan bahkan kurang.

Namun dari sisi kualitas perlu perbaikan diberbagai sisi baik cara mengakses untuk mendaftar dan persyaratan untuk memperoleh tiket bagi masyarakat yang berkekurangan bisa dengan cara memanfaatkan data penduduk kurang mampu dan dengan belajar dari pengalaman & pelaksanaan sebelumnya. (17042023b@s) [jbm]

Pos terkait