Atasi Banjir di Ciracas, Tanggul Waduk Kaja Akan Ditinggikan

  • Whatsapp
Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur meninjau lokasi rawan banjir di wilayah Kecamatan Ciracas, Rabu (17/03). Peninjauan ini dipimpin oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, yang didampingi Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Anggota Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Thamrin dan Anggota Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta, Karyatin Subiantoro, Camat Ciracas, Mamad, Wakil Camat Ciracas, Rudy Syahrul, Lurah Ciracas, Rikia Marwan, dan Kasi Pemeliharaan Suku Dinas SDA (Sumber Daya Air) Kota Administrasi Jakarta Timur, Puryanto.

Bacaan Lainnya

“Peninjauan ini berawal dari keluhan warga saat musim hujan dengan intensitas tinggi dan terdampak banjir setinggi 1 meter, yang disebabkan embung di sini tidak berfungsi dengan baik, bendungan terlalu rendah, pintu air tidak berfungsi,” Ujar Wali Kota.

Sebelumnya, lanjut Wali Kota, perawatan embung tersebut dilakukan oleh Dinas SDA Jakarta Timur dan per 1 Januari 2021 diserahkan Suku Dinas SDA Kota Administrasi Jakarta Timur. Nantinya, pihaknya akan melakukan penanganan banjir di sekitar Waduk Kaja agar fungsi waduk atau embung kembali normal.

“Secara teknis pintu air yang tidak berfungsi tersebut akan diperbaiki, meninggikan tangul hingga 3 meter dan menyediakan pompa di Waduk Kaja, agar air yang masuk dapat disedot dan dibuang ke Kali Cipinang,” Ujar Wali Kota.

Selanjutnya, Wali Kota mengatakan, akan diletakkan pompa mobile dengan masing-masing RW diberi 2 pompa dan akan dikaji oleh Suku Dinas SDA Kota Administrasi Jakarta Timur. Selain itu, waduk akan dikeruk 3-5 meter karena saat dicek saat ini kondisi kedalamannya hanya 1,5 meter.

“Karena musim hujan sudah selesai dan alat berat yang tadinya standby mengeruk di hulu, sekarang sudah selesai. Jadi, Saya kira tidak ada madalah kita akan kerahkan untuk mengeruk embung atau waduk ini,” Tambahnya.

Sementara itu, Anggota Komisi E DPRD Povinsi DKI Jakarta, Muhammad Thamrin, menjelaskan, dalam kunjungan kali ini hadir bersama Wali Kota diharapkan masalah yang ada di sana dapat selesai.

“Insyaallah permasalahan warga selama ini bisa teratasi,” Tuturnya.

Selain itu, Anggota Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta, Karyatin Subiantoro, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Jakarta Timur yang sudah responsif untuk mendengar keluhan warga yang beberapa kali mengalami banjir.

“Kemarin saat Kami melakukan reses juga membahas masalah tersebut, dan hari ini dengan hadirnya pak Wali Kota bersama jajarannya mengarahkan langsung untuk segera ditangani segala permasalahan di sini,” Ujarnya. [Kominfotik JT/JS]

Pos terkait