Ayam Fitnes Turut Sponsori Balance Bike Indonesia di Bekasi

  • Whatsapp
Foto Owner Ayam Fitnes Bpk Reyhan Mazary, Ibu Puja dan bpk Tri Wibowo

Barometernews.id | Bekasi,- “Apa itu balance bike? Dan mengapa tidak menggunakan pedal?” Begitulah pertanyaan yang sering diterima para orang tua saat anaknya menggunakan balance bike. Balance bike, atau dikenal juga dengan sebutan push bike atau kick bike, merupakan sepeda yang didorong dengan kaki untuk mencapai titik keseimbangannya sendiri. Sepeda ini tidak dilengkapi rem dan mata rantai, sehingga anak – anak dengan mudah dapat memainkannya tanpa bantuan orang tua.

Tidak hanya untuk mencari titik seimbang, balance bike memiliki manfaat yang cukup banyak untuk anak – anak. Antara lain melatih fokus, membangun kepercayaan diri, belajar mengambil keputusan, dan mengasah ketrampilan koordinasi tubuh. Kegiatan ini dapat membantu perkembangan motorik kasar sekaligus motorik halus, karena dengan bersepeda, ada koordinasi antara otot besar sekaligus otot kecil, mata dan juga telinga. Semua indra ikut bermain saat melakukan kegiatan ini.

Bacaan Lainnya

Di Bekasi, telah hadir sebuah komunitas balance bike sejak Desember 2018 lalu. Dibawah koordinasi komunitasBalance Bike Indonesia, komunitas di daerah Bekasi ini lahir dan diber nama Balance Bike Bekasi. “Kegiatan kami antara lain, latihan sepeda bareng dan permainan yang menyenangkan.  Disamping itu, setiap kegiatan yang kami selenggarakan mengedapankan aspek psikologis anak, sesuai dengan visi dan misi yang dibawa oleh Balance Bike Indonesia,” ujar Fitra Sukma, koordinator komunitas Balance Bike Bekasi. Sejauh ini, latihan bersama diselenggarakan secara rutin di Decathlon Summarecon Bekasi dan Grand Kamala Lagoon Bekasi pada pagi hari.

Namun tidak hanya latihan dan bermain, komunitas Balance Bike Indonesia menyelenggarakan kompetisi series balance bike tahun 2019 ini. Kompetisi terdiri dari 4 series. Seri 1 diselenggarakan di Depok, seri 2 di Tangerang Selatan, seri 3 baru saja diselenggarakan di Bekasi hari Minggu, 1 Desember 2019 di Lapangan Unipreneur, Universitas Islam ’45 Bekasi.

Kompetisi  yang turut disponsori oleh pengusaha muda bapak Reyhan Mazary, owner dari Ayam Fitnes yang membuka usahanya di Ruko Grand Galaxy Blok  RGB No.3 Bekasi Selatan (Pintu keluar – masuk Grand Galaxy) ini bisa diikuti oleh anak – anak usia mulai 2 tahun hingga 6 tahun, dan yang paling penting, kompetisi ini bukan kompetisi biasa.. Di dalam arena, anak – anak serius bertanding dan tetap fun, tidak ada paksaan dalam kompetisi.

Satu lagi yang menarik, yaitu semua anak akan mendapatkan medali finisher, yang menjadi tanda bahwa anak – anak berhasil menyelesaikan kompetisi sampai garis finish. Karena sejatinya semua anak adalah bintang, semua anak adalah juara.

“Bermain balance bike sebenarnya merupakan basic dari bersepeda. Di Amerika, Jepang dan negara lain, anak – anak biasanya menggunakan balance bike terlebih dahulu sebelum menggunakan pedal,” ujar Tri Wibowo, founder komunitas Balance Bike Indonesia. Adaptasi anak – anak tergolong cepat saat beralih ke sepeda pedal, karena mereka telah menemukan titik keseimbangan dan tentu tidak takut jatuh lagi. Selain keunggulannya dalam kecepatan beralih ke sepeda pedal, harapannya anak – anak lebih memilih kegiatan motorik dari pada bermain gadget, karena kegiatan motorik seperti bermain balance bike ini banyak sekali manfaatnya.

Selain di Bekasi, komunitas balance bike yang tergabung dalam Balance Bike Indonesia terdapat di kota – kota lain, antara lain di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang), Jawa Barat (Bandung & Sukabumi), Jawa Tengah (Semarang & Solo), Jawa Timur (Surabaya, Kediri, Malang), dan Sumatra (Palembang).

Foto BBI

Bagi riders di kota lain yang ingin bergabung, mari kontak kami di Instagram @balancebikeid. Dan untuk riders Bekasi, jangan khawatir, kami ada di Instagram @balancebike.bekasi  untuk terus update informasi latihan dan kompetisi terdekat.

Adik – adik riders yang belum berkesempatan ikut di series 3 jangan khawatir. Masih ada series terakhir yang tidak kalah seru, yaitu tanggal 29 Desember 2019 di Bogor. Jangan lupa mendaftar ya adik – adik riders !

Diakhir perbincangan Tri Wibowo selaku founder komunitas Balance Bike Indonesia mengucapkan terimakasih kepada para sponsor yang turut serta menyukseskan acara ini.

Let’s gooo and see you riders ! (Arc/BBB).

 

 

Pos terkait