Ayo Menulis (Lagi)…

Foto Dokumentasi

Oleh: Abd Misno

Menulis adalah sebuah manifestasi dari keimanan seseorang, ia merupakan bukti kepeduliannya terhadap agama, bangsa dan negara. Bagaimana tidak? Tulisan yang dihasilkan adalah respon atas berbagai kejadian yang terjadi di sekitar kita. Jika banyak cara dalam merespon berbagai kejadian di tengah masyarakat, maka menulis adalah respon nyata yang bisa dibaca oleh siapa saja yang termotivasi untuk membacanya. Ayo Menulis (lagi)…

Bacaan Lainnya

Permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat memang tidak pernah ada habisnya, berbagai persoalan muncul silih berganti. Dari pentas politik yang penuh intrik, hingga isu-isu kemanusiaan yang seringkali tidak memiliki nilai kemanusiaan. Jika dulu berbagai kejadian tidak langsung dapat disaksikan, maka saat ini dengan kemajuan tekhnologi kita dapat menyaksikan secara real time berbagai kejadian di seluruh penjuru dunia.

Hal ini tentu memberi bahan yang melimpah bagi para penulis dalam merespon berbagai kejadian tersebut, dari kejadian di tingkat RT (Rukun Tetangga), hingga kejadian di ujung dunia dapat langsung kita saksikan dan kemudian kita respon dalam tulisan kita. Tidak ada yang melarang menulis berbagai ide dan gagasan terkait dengan berbagai kejadian, selama tidak menyinggung isyu sara’ atau ujaran yang tidak baik maka silahkan menulis sebanyak-banyaknya sebagai respon berbagai kejadian yang ada.

Sebagai muslim, tentu saja setiap tulisan yang dihasilkan haruslah mencerminkan keyakinan kepada Allah Ta’ala. Respon dalam bentuk persetujuan atas berbagai kejadian yang mendukung bagi tegaknya kebenaran dariNya haruslah terus disebarkan. Demikian pula respon negative atau mengkritik dan menunjukan ketidaksetujuan atas berbagai kejadian yang melanggar syariahNya adalah bukti dari keimanan seorang penulis muslim. Dengan kata lain bahwa tulisan kita adalah bukti keimanan dalam bentuk amar ma’ruf (mengajak kepada kebaikan) dan nahi mungkar (mencegah segala bentuk kemungkaran). Ini adalah energi yang luar biasa dalam menulis, Menulis dengan Iman adalah menghasilan maha karya dalam bentuk tulisan untuk meninggikan kalimah Allah Ta’ala.

Menulis untuk menyebarkan ide dan gagasan, mengajak kebapda kebaikan dan mencegah segala bentuk kemungkaran menjadi sebuah keniscayaan di tengah berbagai kejadian di tengah masyarakat. Bahkan ketika kita diam saja atas berbagai kedzaliman di tengah masyarakat, maka sama saja kita dengan setan bisu yang tidak peduli dengan agama, bangsa dan negara.

Oleh karena itu… Ayo Menulis (Lagi)… mari bersemangat lagi dalam menulis, karena ia adalah aktifitas yang akan bernilai ibadah jika diniatkan karena Allah Ta’ala. Menulis lagi dan semangat lagi dalam menulis yang mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran, karena itu adalah tiang tegaknya Islam. Jangan menunggu mood menulis datang, karena berbagai kejadian harus segera dicarikan jawaban, umat menunggu dari orang-orang yang berilmu. Ilmu yang bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi dituliskan agar semua orang dapat membaca dan mendapatkan kemanfaatan. Ayo menulis (lagi)… (Bogor, menjelang tengah malam 26052022). []

Pos terkait