Bangunan MTs Muhammadiyah Limakaum Terbakar

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Batusangkar, – Gedung Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Limakaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, sekira pukul 12.50 Wib siang tadi terbakar. Dari peristiwa yang memilukan keluarga besar Muhammadiyah Cabang Limakaum itu, Tiga petak ruangan dan Satu petak kamar mandi hangus, Senin (26/12).

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Limakaum, Mustafa Akmal Datuk Sidi Ali menjelaskan, bangunan yang hangus dan tak bisa digunakan lagi, meliputi satu petak ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dua petak ruangan belajar dan satu petak kamar mandi.

Bacaan Lainnya

Dari peristiwa itu, ulas Mustafa Akmal, total kerugian yang ditimbulkan dari peristiwa kebakaran itu ditaksir mencapai Rp.300 juta. Kendati demikian, tidak ada korban jiwa dari peristiwa yang menghanguskan sebagian bangunan MTs Muhammadiyah di Limakaum, Kabupaten Tanah Datar itu.

Dari peristiwa kebakaran itu, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Tanah Datar, menurunkan tiga unit mobil pemadam dari Posko Batusangkar dan Salimpaung.

Pada kesempatan yang sama, 30 petugas dari instansi terkait, seperti dari BPBD (Badan Penanggulangan Bancana Daerah), anggota kepolisian, TNI, dan warga masyarakat setempat ikut membantu memadamkan api.

Unsur Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Tanah Datar, Afrizon, menguraikan, melihat kondisi yang terjadi, bangunan yang terbakar tidak bisa dimanfaatkan lagi. Sementara, para siswa akan mulai belajar kembali pada tanggal 2 Januari 2023 depan.

“Anak kita segera akan kembali bersekolah. Karena itu, dibutuhkan upaya antisipasi cepat dari pihak madrasah, pengurus dan anggota PC Muhammadiyah Limakaum dan keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiyah se Tanah Datar,” kata Afrizon, yang mantan Kabag Kesra Setda Tanah Datar itu.

Pihaknya, mengajak umat Islam dan warga Muhammadiyah se Tanah Datar, berdonasi dan mengumpulkan sumbangan, agar fasilitas pendidikan ini bisa segera kita benahi,” pinta Afrizon yang sekaligus Kepala Dinas Sosial dan PPPA Tanah Datar. [gmz/jbm]

Pos terkait