Basarnas dan BPBD Langsa Sinergi Perkuat Kapasitas Personil

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Langsa, – Bencana alam yang terjadi akan selalu memakan korban, kuantitas korban yang jatuh bergantung pada daya ketangguhan masyarakat yang terdampak oleh bencana tersebut. Karena itu kegiatan mitigasi menjadi vital dalam mengurangi dampak akibat bencana yang akan terjadi, ujar Suhengki Kepala Basarnas Pos Langsa dalam keterangannya seusai Rapat Koordinasi dengan jajaran BPBD Kota Langsa, Rabu (22/01).

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Pelaksana BPBD Langsa Ali Musafah, yang didampingi oleh Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Damkar Marjoni dan Kasie Kedaruratan Syahrial. Kegiatan penanggulangan bencana membutuhkan dukungan sumber daya yang besar, diharapkan dengan kolaborasi dan sinergi antarlembaga khususnya personil dilapangan akan mempercepat proses penanganan dampak bencana, kata Ali Musafah.

Bacaan Lainnya

Sebagai stakeholder kebencanaan, Basarnas Pos Langsa memiliki peran dalam koordinasi, pembinaan dan operasi dalam penanggulangan bencana. Basarnas selalu siap siaga melakukan operasi penyelamatan kepada warga yang membutuhkan pertolongan seperti kecelakaan di laut atau terjebak genangan banjir.

Foto Dokumentasi

Meskipun operasi penanggulangan bencana di Langsa tergolong rendah, namun Basarnas Pos Langsa tidak mengabaikan kegiatan koordinasi dan pembinaan dengan stakeholder. Selain bersama BPBD Langsa, Rapat koordinasi juga akan dilaksanakan dengan BPBD Aceh Timur, BPBD Aceh Tamiang, Forum PRB serta stakeholder terkait lainnya untuk memperkuat upaya penanggulangan bencana wilayah kerja Pos Langsa.

Selanjutnya sosialisasi mitigasi kebencanaan kepada para siswa sekolah dasar, kegiatan penanaman pohon dengan Dinas Lingkungan Hidup, workshop pengurangan risiko bencana (PRB), pembinaan personil Satgas SAR dan pelatihan relawan kebencanaan merupakan bentuk pembinaan potensi SAR yang telah dilaksanakan Basarnas Pos Langsa.

Secara terpisah Forum PRB Langsa mengapresiasi pertemuan tersebut, dengan saling bersinergi segala hambatan dalam penanggulangan bencana akan mudah teratasi dan kinerja personil dilapangan semakin efektif, efisien dan terukur terutama dalam menghadapi masa darurat bencana, ungkap Dedi Suyatno Sekretaris Forum PRB Kota Langsa. [Red/Ded]

Pos terkait