Berbenah Selama 3 Bulan, PERUMDAM Raih Keuntungan Rp.150 Juta Rupiah

Foto Dok. Ketua DPRD Pasbar, Parizal Hafni

Barometernews.id | Pasbar, – Ketua DPRD Pasbar, Parizal Hafni kepada Insan Pers yang tergabung di PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar  saat telah selesai menghadiri acara Launching Alpikasi PERUMDAM Pasbar di Balerong Rumah Dinas Bupati Pasbar, Selasa, 12 Januari 2020 lalu, berharap agar Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Gemilang Kabupaten Pasbar untuk terus berbenah dan bangkit dari keterpurukan atas kerugian yang dialami selama ini.

Parizal Hafni mengatakan,PERUMDAM Pasbar sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Pasbar harus berbenah dan mampu bangkit dari keterpurukan yang mengakibatkan BUMD milik Kabupaten Pasbar tersebut mengalami kerugian dan minus pendapatan setiap bulannya.

Bacaan Lainnya

“Dari setiap laporan yang kita terima, setiap bulan PERUMDAM terus mengalami kerugian dan selalu mengajukan penambahan anggaran kepada kita (DPRD), dan hal tersebut sangat di sayangkan,” Ucapnya.

Ia berharap, dengan dipimpin oleh Direktur baru, PERUMDAM Pasbar bisa menjadi BUMD yang mampu bangkit dan berhasil untuk maju sehingga bisa mendapatkan keuntungan dalam menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) di bulan – bulan berikutnya.

“Semoga kedepannya, Suadara Helju selaku Direktur PERUMDAR Pasbar yang baru dapat membawa PERUMDAM ke arah yang lebih baik dan menjadi BUMD yang berhasil untuk meningkatkan PAD Pasbar,” Harapnya.

Sementara itu, Direktur PERUMDAM Pasbar, Helju Septi Tuhari mengakui bahwa selama ini PERUMDAM memang terus mengalami kerugian, bahkan besar kerugianpun ada yang mencapai 80 juta rupiah. Namun setelah di cek kelapangan, kendala terbesar yang dirasakan pelanggan adalah saluran air yang macet, biaya tagihan yang besar dan sulitnya akses pelayanan bagi konsumen.

“Saya sebagai Direktur yang baru menjabat tiga bulan ini, dalam program 100 hari kerja, kita telah mencoba melakukan perbaikan saluran air dan normalisasi seluruh sumber mata air yang ada, selain itu kita juga terus membantu dan meningkat pelayanan kepada pelanggan dengan membuat Aplikasi Android agar masyarakat dapat melihat tagihan, membayar tagihan dan melakukan layanan pengaduan meski hanya berada di dalam rumah,” Ujarnya.

Helju menambahkan, selama program 100 hari kerjanya tersebut, pada bulan Desember 2020 lalu, hasil pembayaran langganan air bersih dari 12.000 pelanggan, PERUMDAM Pasbar telah berhasil mendapatkan keuntungan sebesar kurang lebih 150 juta rupiah.

“Kita akan terus berbenah dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, dan ditahun 2021 ini kita juga berencana akan memproduksi air dalam kemasan,” Tutup Helju mengakhiri. [Zoelnasti]

Pos terkait