Bersama PGN, Pemkot Jaktim Siapkan Pemasangan Jaringan Gas Rumah Tangga

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar rapat koordinasi bersama Perusahaan Gas Negara (PGN) membahas membahas permohonan penempatan Metering and Regulating Station (MRS) dan Regulating Station (RS) untuk pembangunan jaringan GasKita untuk rumah tangga. Rapat ini digelar di Ruang Rapat Wakil Wali Kota, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa (4/1/2021).

Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, mengatakan, audiensi bersama PGN ini bertujuan untuk pemasangan MRS dan RS di wilayah Jakarta Timur. Ia menyebutkan ini merupakan program nasional yang memberikan layanan pemasangan gas di setiap rumah dengan sistem instalasi pipa gas.

Bacaan Lainnya

Kusmanto menilai, dari sisi ekonomi, program ini sangat bermanfaat, sehingga masyarakat yang telah terfasilitasi MRS dan RS tersebut akan lebih murah dalam penggunaan gas untuk kebutuhan rumah tangga.

“Pemasangannya gratis, namun biaya pemanfaatannya sangat ekonomis. Ini sangat membantu masyarakat,” Tandas Kusmanto.

Dalam pelaksanaan di lapangan, pihak PGN diminta untuk mengurus perizinan sesuai dengan prosedur yang berlaku di Pemprov DKI Jakarta.

Sementara, Construction Koordinator Jargas (Jaringan Gas) PGN, Rahmat Hidayat, menyampaikan, audiensi ini pihaknya berkoordinasi sekaligus berizin kepada pihak Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur yang memiliki wilayah untuk pemasangan MRS dan RS.

Ia menyebutkan, jalur gas untuk di Jakarta Timur sebelumnya sudah ada, namun dibutuhkan penambahan agar dapat terjangkau ke banyak rumah warga lebih luas.

Rahmat mengatakan, proyek ini merupakan jangka panjang yakni hingga tahun 2024, dengan pemasangan 4,7 juta MRS dan RS ke rumah tangga, sedangkan saat ini baru mencapai 250 ribu rumah tangga yang sudah terpasang untuk cakupan rumah tangga di Indonesia.

“Setahap demi setahap nanti akan Kami layani secara keseluruhan. Jadi semangatnya adalah gas ini bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat,” Tandasnya. [Kominfotik JT/AD]

Pos terkait