Bundo Kanduang Gelar Acara Pendidikan Berkarakter Budaya Lokal

Foto Dok. Nara sumber sedang memberikan materi pendidikan karakter

Barometernews.id | Pasbar, – Pada kesempatan di acara pola pendidikan karakter kearifan lokal, Ketua bundo kanduang Nagari Sinuruik Ismaiza Busti menekankan kepada Generasi muda Nagari Sinuruik harus tahu dan paham dari kato Manurun, Kato Mandata, Kata Nan daki, Kato Malereng, dengan kata lain apa makna.dari kato nan ampek tersebut.

Foto Dok. Peserta sosialisasi sedang mengikuti pemaparan budaya

Hal tersebut terungkap saat Pemerintah Nagari Sinuruik Kecamatan Talamao Kabupaten Pasaman Barat memprogramkan kegiatan pentingnya pendidikan karakter kepada generasi yang dilaksanakan oleh bundo kanduang.

Bacaan Lainnya

Pada kegiatan tersebut, Bundo Kanduang Kabupaten Pasbar, Hj. Rosni Latief dan Bundo Kanduang Nagari Sinuruik, Ismaiza Busti sekaligus bertindak sebagai Narasumber memberikan pemahaman kepada generasi muda Sinuruik, terutama melalui pelajar pelajarnya tentang pentingnya pendidikan karakter anak berbasis kearifan budaya lokal Minangkabau dari dini.

“Kita wujudkan generasi Sinuruik yang hebat dan berdudaya di masa yang akan datang,” Ujar bundo kanduang Sinuruik.

Pada acara sosialisasi yang diikuti oleh beberapa perwakilan remaja (siswa-siswi) sekolah mulai dari tingkat SLTP dan SLTA yang berasal di masing masing Kejorongan yang ada di Nagari Sinuruik, Sekretaris Nagari Sinuruik, Dasril B. menyampaikan bahwa generasi muda sebagai pelaku pembawa perubahan di Nagari, harus memiliki karakter yang berakhlaq budaya dan bermoralkan agama agar mampu menghadapi berbagai tantangan ke depannya.

Dikatakannya, generasi muda nagari Sinuruik ke depan harus mampu lebih maju lagi, sebab Nagari Sinuruik telah banyak melahirkan beberapa tokoh legendaris yang sudah sudah mendunia, seperti salah satu penulis wanita pertama Indonesia yang berasal dari nagari Sinuruik, Silasih Silaguri, termasuk tokoh dan orang tua Pasaman yang juga mantan Bupati Pasaman Pasaman Barat dua periode yaitu, Drs. H. Baharuddin R yang akrab disapa Inyiak Bahar.

Dasril, berharap semoga melalui acara ini, generasi muda Sinuruik akan mampu membawa dan meneruskan tonggak estafet yang telah ada untuk kedepannya.

“Semoga melalui acara ini dapat melahirkan dan menumbuhkan semangat baru generasi muda Sinuruik untuk terus berinovasi dan berkereativitas yang berkarakter,berakhlak dan berbudaya,” Harapnya mengakhiri. [Zoelnasti]

Pos terkait