Bupati Pasbar Lantik Pj Wali Nagari Persiapan Giri Maju

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Pasbar, – Dari 17 orang Pejabat (Pj) Wali Nagari Kabupaten Pasaman Barat yang dilantik oleh Bupati Pasbar Hamsuardi, di Auditorium kantor Bupati Pasbar, Senin (05/07) tiga di antaranya Perempuan, salah satunya adalah Ratna Sari, SPd.I untuk Pj.Wali Nagari Persiapan Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Duo Pasbar.

Foto Dokumentasi

Adapun ke-17 Pj Wali Nagari yang dilantik tersebut adalah; 1. Halman, SP Pj Wali Nagari Batahan; 2. Yusman, S.Pd Pj Wali Nagari Muaro Kiawai; 3. Muslim, SH Pj Wali Nagari Kinali; 4. Mustafa Kamal, S.PdI., MA Pj Wali Nagari Persiapan Batahan Tengah; 5. Mulyadi Pj Wali Nagari Persiapan Simpang Timbo Abu Kajai; 6. Ali Amran Pj Wali Nagari Persiapan Sigunanti; 7. Arjan, SPd Pj Wali Nagari Persiapan Situak Ujung Gading; 8. Darlius Pj Wali Nagari Persiapan Pinaga Aur Kuning; 9. Ahmad Perwira Pj Wali Nagari Persiapan Lingkuang Aua Baru; 10. Julita Fitrinasari, SKM Pj Wali Nagari Persiapan Lingkuang Aua Bandarejo; 11. Ns. Hayatul Humaini, S.Kep Pj Wali Nagari Persiapan Ranah Air Haji; 12. Etrinaldi, SH Pj Wali Nagari Persiapan Lembah Binuang Aua Kuning; 13. Afrida Yulneti, SH Pj Wali Nagari Persiapan Lubuk Landua Aua Kuning; 14. Deni Afrianto, SE Pj Wali Nagari Persiapan Suko Mananti Aua Kuning; 15. Rafili, S.Tr.Kes Pj Wali Nagari Persiapan Anam Koto Utara; 16. Ratna Sari, SPd.I Pj Wali Nagari Persiapan Giri Maju; 17. Yulisman Pj Wali Nagari Persiapan Kajai Selatan

Bacaan Lainnya

Upacara pelantikan selain disaksikan oleh Wakil Bupati Risnawanto, dan Pj Sekretaris Daerah Hendra Putra, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setia Bakti, serta para Kepala OPD, camat serta stakeholder terkait lainnya juga dihadiri oleh keluarga Pj. Wali Nagari masing-masing.

Bupati Pasbar, Hamsuardi dalam sambutannya menegaskan bukan hanya kepada Pj. Wali Nagar Persiapan Giri Maju saja, tetapi Kepada seluruh pejabat Wali Nagari yang telah dilantik, diharapkan dapat berperan lebih optimal terhadap penyelenggaraan roda Pemerintahan Nagari persiapan ke arah yang lebih baik sesuai Verifikasi Kementerian Dalam Negeri.

Foto Dokumentasi

“Kepada saudara yang telah diberikan kepercayaan hari ini agar tidak melakukan larangan bagi wali sebagai mana yang telah diatur dalam ketentuan, seperti merugikan kepentingan umum, meresahkan sekelompok masyarakat, mendiskriminasi warga atau golongan masyarakat, dan menyalahgunakan wewenang, serta melanggar sumpah jabatan,” Terangnya.

Khususnya kapada pejabat Wali Nagari persiapan harus mampu melaksanakan tugas semaksimal mungkin dan berbuat adil serta bersikap tegas, jangan plin plan, sebab akan dapat mengakibatkan timbulnya kegaduhan, apa lagi sampai menimbulkan keresahan di tengah masyarakatnya.

Agar Wali Nagari tidak berbuat kesalahan. Wali Nagari diminta agar melakukan tugas dan tanggung jawab dengan profesional dan jujur. Sehingga tidak ada lagi laporan dari masyarakat terkait Wali Nagari yang tidak melayani masyarakat dengan baik.

Di hadapan Wali Nagari yang dilantik, Bupati juga menyampaikan agar jabatan Wali Nagari tidak membuat tugas rutin terbengkalai, karena tugas  Pj adalah untuk melayani masyarakat.

Selain itu Hamsuardi mengatakan, pada prinsipnya pelantikan ini merupakan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan dan masyarakat kepada Pj. Wali Nagari.

“Jika ada masyarakat yang mengeluhkan tentang Wali Nagari mengenai pelayanan kepada masyarakat, saya tidak akan segan untuk memberhentikannya. Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah tugas rutin Pejabat dalam melayani masyarakat. Kita ini adalah pelayan masyarakat, bukan kita yang dilayani oleh masyarakat,” Tegas Hamsuardi.

Foto Dokumentasi

Hamsuardi juga menjelaskan, saat ini pemerintah terutama Pasbar sedang menjalankan visi misi untuk masyarakat, yakni pengobatan gratis, pendidikan gratis dan perbaikan infrastrutktur seperti jalan, jembatan, untuk itu Bupati berharap agar kehadiran Wali Nagari di tengah masyarakat benar-benar dirasakan sebagai pelayan yang mengayomi, hingga masyarakat melihat ada kehadiran pemerintah di dalam setiap kesulitan.

“Kalau kita tidak bekerja dengan serius maka pengobatan gratis, pendidikan gratis dan perbaikan itu tidak akan kita peroleh. Jika ada pejabat yang tidak sanggup untuk bekerja, sampaikan kepada saya. Saya bersama Wakil Bupati akan melakukan evaluasi dan untuk itu Wali Nagari harus siap berhenti,” Jelas Hamsuardi.

Selain itu, lanjut Hamsuardi, saat ini ada tugas berat yang dihadapi pemerintah yakni memerangi pandemi Covid-19. Begitu juga dengan Pj Wali Nagari yang baru dilantik, Bupati berharap untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat informasi tentang virus Covid 19 tersebut. Karena pandemi saat ini telah berhasil menyita perhatian dunia termasuk Pasbar. Untuk kembali hidup ke normal, maka semua diminta agar menerapkan protokol kesehatan.

“Sebagai Pj hal itu merupakan tugas yang sangat penting, karena kita harus bisa bangkit kembali, serta membangkitkan lagi ekonomi masyarakat. Hampir dua tahun kita jalani hidup dengan pandemi Covid-19 ini,” Ujar Hamsuardi. [Zoelnasti]

Pos terkait