Bupati Pasbar Sampaikan Apresiasi Atas Kinerja Kapolres Pasbar

Foto Dokumentasi
Barometernews.id | Pasbar, – Bupati Pasbar menyampaikan apresiasi atas kinerja Kapolres Pasbar selama ini, hal itu disampaikan oleh Bupati Pasbar, H. Hamsuardi yang didampingi oleh Wabup, H. Risnawanto saat Pemerintah Daerah dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar)menggelar kegiatan Kenal Pamit pejabat Kapolres Pasaman Barat dari AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M kepada AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M, yang berlangsung di Aula Kantor Bupati pada Minggu malam (15/1).

Bupati menyampaikan apresiasinya atas kinerja dan dedikasi Kapolres Pasbar, AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M. selama ia bertugas lebih kurang satu tahun lima bulan di wilayah Kabupaten Pasbar Pasbar.

Foto Dokumentasi

Hamsuardi menilai, terciptanya keamanan, ketentraman, kesuksesan dan kemajuan masyarakat daerah Bumi Mekar, Tuah Basamo yang baru melaksanakan HUT ke 19 pada 7 Januari 2023 lalu, tidak terlepas dari peran dan kerja keras Kapolres Pasbar beserta jajarannya.

Bacaan Lainnya

“Kapolres Pasbar, AKBP M. Aries Purwanto selama bertugas telah banyak memberikan kontribusi besar untuk masyarakat dan daerah Pasbar. Khususnya, membantu mensukseskan program pemerintah,” ungkap Bupati, saat memberikan sambutan pada acara pisah sambut Kapolres Pasbar dari AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M kepada AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M., Minggu malam (15/01) kemarin.

Bupati juga mengungkapkan bahwa sejak awal kepemimpinan AKBP M. Aries Purwanto telah dihadapkan pada sejumlah kerja berat, mulai dari mewujudkan Kamtibmas, penanganan Covid-19 dan capaian target vaksin. Selain itu, juga dihadapkan dengan penanganan bencana alam gempa bumi Pasbar dan permasalahan masyarakat lainnya.

“Selama satu tahun lima bulan ini, kita bersama-sama menjaga Kamtibmas di Pasbar. Di masa itu, kita juga berada pada kondisi sulit karena Covid-19, gempa bumi dan lainnya. Meski kerja berat kita laksanakan namun Alhamdulillah semuanya bisa kita selesaikan berkat kerjasama dan kordinasi yang kita bangun selama ini,” ucap Bupati.

Dikatakan Hamsuardi, pihaknya merasa bersedih harus berpisah dengan AKBP M. Aries Purwanto, beliau selama 1 tahun 5 bulan bertugas di Kabupaten Pasbar.

“Ada banyak kenangan dan kebersamaan serta kegiatan kepedulian lainnya yang sulit kami lupakan. Terutama, dalam menjalankan fungsi dan tugas masing-masing untuk daerah ini,” ungkap Hamsuardi.

Foto Dokumentasi

Hamsuardi melanjutkan, terlepas dari hal itu, dirinya mewakili seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pasbar, menyampaikan salam perpisahan. Semoga ditempat tugas yang baru, sebagai Wadansatbrimob Polda Riau, beliau semakin sukses dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai aparat Kepolisian.

“Selamat bertugas di tempat yang baru. Kami ucapkan selamat berpisah. Semoga, bapak tetap diberikan kesehatan yang baik oleh Allah SWT dan sukses dalam bertugas,” ucap Bupati.

Pada momentum tersebut Bupati juga menyampaikan, Selamat Datang kepada Kapolres Pasaman Barat yang baru, Bapak AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M, yang sebelumnya merupakan mantan Korspripim Polda Sumbar, semoga hubungan kemitraan yang telah terjalin selama ini bisa lebih ditingkatkan untuk Indonesia yang lebih baik.

“Saya mewakili jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pasbar menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolres Pasbar yang baru, Bapak AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M., semoga bisa beradaptasi dengan daerah ini, khususnya masyarakat, Kami merasa bahagia bisa menyambut kehadiran pak Kapolres,” ucap Hamsuardi sembari menceritakan bagaimana kondisi masyarakat dan daerah Kabupaten Pasbar sampai saat ini.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Pasbar Erianto juga memberikan sambutan dan menyampaikan banyak keberhasilan yang dicapai di bawah kepemimpinan AKBP M. Aries Purwanto mulai dari penanganan Covid-19, vaksin, aksi terhadap gempa bumi dan dan lain sebagainya.

“Semua dedikasi dari bapak AKBP M. Aries Purwanto selama lebih kurang satu tahun lima bulan ini sangat kami hargai. Kami juga mohon maaf apabila ada kekurangan selama ini,” ucap Erianto.

H. Erianto juga mengungkapkan, sosok AKBP M. Aries Purwanto begitu luar biasa dalam membantu dan memberikan rasa aman kepada masyarakat Pasbar.

“Semoga di tempat yang baru Bapak Aries dapat diberikan kemudahan dan semakin sukses karirnya,” harap Eri mengakhiri sambutannya.

Sementara Kapolres yang lama, AKBP M.Aries Purwanto, S.I.K., M.M., melalui sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda Pasbar khususnya Bupati dan Wakil Bupati. Ia juga, menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajarannya dan masyarakat Bumi Tuah Basamo terutama pada pemangku adat setempat serta para pihak lainnya.

“Terimakasih atas kebersamaan selama ini, terimakasih juga telah banyak membantu tugas kami Kepolisian dalam menjalan fungsi dan tanggung jawab di Kabupaten Pasbar, ” ucapnya.

Diakui Aries, selama bertugas di Kabupaten Pasbar banyak sekali dinamika yang terjadi. Namun berkat kerjasama dan kekompakan, Alhamdulillah Kabupaten Pasbar tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

AKBP M. Aries Purwanto menyebut, masyarakat Kabupaten Pasbar sangat tinggi rasa gotong royong dan menjunjung tinggi nilai-nilai saling menghargai.

“Selama ini, semua pihak ikut berperan dalam mendukung tugas kepolisian dalam menciptakan situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif,” terangnya sembari menceritakan berbagai hal yang ia rasakan selama bertugas di Kabupaten Pasaman Barat ini.

M. Aries Purwanto menyampaikan, saat ini dirinya mendapat kepercayaan dari pimpinan diatas untuk menjabat atau bertugas di tempat yang baru, ditugaskan sebagai Wadansatbrimob Polda Riau.

“Saya mendapat mandat di tempat yang baru untuk menjadi Wadansatbrimob Polda Riau,” terang Aries.

Terlepas dari hal itu, pada momentum ini AKBP M. Aries Purwanto, juga menyampaikan permohonan maaf khususnya kepada masyarakat jika ada tingkah dan kebijakan dirinya yang tidak mengenakan di hati.

“Saya minta maaf jika ada perbuatan atau perkataan saya selama berdinas yang kurang berkenan, disamping itu saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan yang telah membantu saya dalam setiap pelaksanaan tugas sebagai Kapolres Pasaman Barat. Saya berharap silaturahmi tetap terjalin dan saling mendoakan satu sama lain, Selamat tinggal dan selamat berpisah. Mari kita tetap menjalin dan menyambung tali silaturahmi,” tutur AKBP M. Aries Purwanto mengakhiri sambutannya dengan suasana haru.

Sementara, Kapolres Pasbar yang baru, AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M., yang juga didampingi istri Eka Mutya Sari, pada momentum tersebut juga menyampaikan rasa terimakasihnya atas sambutan yang luar biasa dari pemerintah dan para pihak lainnya dalam acara pisah sambut ini.

Dalam kesempatan itu, AKBP Agus Basuki, meminta dukungan serta masukan dari Pemda, jajaran Polres Pasbar dan masyarakat dalam menjalankan tugas di Pasaman Barat. Ia mengatakan program Kapolres Pasbar sebelumnya akan tetap dilanjutkan.

“Kami akan berbuat semaksimal dengan Kamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Pasaman Barat. Ke depannya kami akan membuka diri dengan mempererat silaturahmi,” ucapnya.

Agus Basuki, menyampaikan dan mengucapkan, Alhamdulillah, dirinya telah mendapat amanah, kepercayaan dari pimpinan diatas untuk bertugas di Kabupaten Pasbar.

“Saya mengharapkan kerjasama dari unsur Forkopimda dan seluruh masyarakat Pasbar, agar sama-sama menjaga situasi Kamtibmas, untuk tetap dalam keadaan aman dan kondusif,” tutur Agung Basuki.

Ia juga menegaskan komitmennya untuk mendukung kebijakan Bupati Pasbar dalam melayani masyarakat dengan baik, serta menjaga keamanan Pasbar tetap menjadi prioritas Kapolres Pasaman Barat.

“Terimakasih sudah menyambut kehadiran kami dengan acara luar biasa seperti ini,” ucapnya sembari menceritakan tentang seperti apa daerah dan masyarakat Pasbar yang ia ketahui.

Acara pisah sambut ini, selain dihadiri Bupati, H. Hamsuardi juga dihadiri, Wakil Bupati Pasbar, H. Risnawanto bersama seluruh jajaran pemerintah Pemkab Pasbar dan terlihat juga Ketua DPRD Pasbar, H. Erianto bersama jajaran anggota DPRD lainnya, termasuk Forkopimda Pasbar, Waka Polres Pasbar berserta seluruh jajarannya PJU di Polres Pasbar termasuk ibu-ibu Bhayangkari, tokoh agama, tokoh masyarakat, termasuk tokoh adat dan tokoh pemuda, organisasi mahasiswa, dan undang lainnya. [Zoelnasti/jbm]

Pos terkait