Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tamiang Latih Guru Jenjang SMA/SMK Terkait Evaluasi Pembelajaran Digital

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Aceh Tamiang, – Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang mengadakan pelatihan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk jenjang guru SMA dan SMK se Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (24/8).

Foto Dokumentasi

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru dalam hal melakukan evaluasi pembelajaran berbasis digital, dan kegiatan ini berlangsung selama empat hari, mulai dari hari Senin sampai hari Kamis, tanggal 22-25 Agustus 2022 bertempat di SMAN 2 Percontohan Karang Baru.

Pelatihan ini dihadiri oleh guru-guru SMA, dan guru-guru SMK se Kabupaten Aceh Tamiang yang dipilih oleh kepala sekolah guru terbaik masing-masing sekolah, kata Bapak Taufik Hidayat, S.Pd operator cabang dinas Pendidikan Aceh Tamiang.

Ketua panitia pelaksana acara ini adalah Bapak Sabri, S.STP., M.S.P selaku Kasi GTK dan mutu kesiswaan mengatakan, guru harus mampu berinovasi di bidang ICT untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya, maka acara ini harapannya dapat mengimbaskan apa-apa yang dipelajari di pelatihan dapat di imbas ke rekan sejawat, dan juga guru-guru di sekolah, dan pada akhirnya siswa bisa meningkatkan kompetensi dalam bidang ICT sesuai dengan tuntutan zaman digital.

Foto Dokumentasi

Kegiatan ini dibuka langsung oleh, Bapak Bakhtiar, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Tamiang mengatakan, guru di abad 21 tidak bisa lari dari penguasaan ICT, guru harus mampu merancang pembelajaran secara digital, dan guru juga harus mampu mengevaluasi pembelajaran secara digital dikelas-kelas dengan para siswa.

Pemateri yang diundang pada kegiatan ini merupakan dosen pendidikan Matematika IAIN Langsa, dan direktur Bimbel Sembilan Sembilan Kota Langsa yang merupakan juga pelatih ahli sekolah penggerak, beliau memaparkan materi pembelajaran meliputi, bagaimana cara guru mengajar dengan media digital, seperti paddled, jambord, mentimeter, dll. Kemudian beliau juga menyampaikan evaluasi pembelajaran digital melalui beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh guru meliputi quizizz, kahoot, google forms, dan beberapa aplikasi lainnya, yang langsung dipraktekkan oleh guru.

Beliau juga mengatakan gol dari tujuan pembelajaran siswa pada kurikulum merdeka yaitu kemampuan profil pelajar pancasila, seperti bagaimana cara mendesain soal kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan berpikir kreatif.

Pada kegiatan ini terlihat semua peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dikarenakan para peserta bisa melakukan praktek dan simulasi secara langsung, dan ini akan berguna bagi mereka dalam proses pembelajaran secara digital di ruang-ruang kelas bersama peserta didik.

Acara ini dihadiri oleh, Bapak Indra Arisandi, S.Pd., M.Pd (Kasubbag Tata Usaha), Bapak  Taufik Hidayat, S.Pd (Pengelola Kepegawaian), Bapak Maimun (Staf Cabdin Aceh Tamiang), Bapak Abdul Haris, S.Pd (Ketua MKKS SMA Aceh Tamiang). [Janu/jbm]

Pos terkait