Cegah Adanya Genangan, Kelurahan Malaka Jaya Bangun 5 Sumur Resapan

Foto Dok. Kelurahan Malaka Jaya

Barometernews.id | Jakarta, – Dalam rangka mengurangi dan mencegah  genangan, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, berkolaborasi dengan PT. IPRO, Membuat Sumur Resapan, di 5 RW wilayah Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur , Sabtu (20/02).

Hardi Ananda selaku Lurah Malaka Jaya, mengatakan, dibangunnya sumur resapan tersebut berdasarkan Instruksi Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur Nomor 24 Tahun 2020 tentang Gerakan Menabung Air.

Bacaan Lainnya

“Pembangunan sumur resapan ini berdasarkan Instruksi Walikota Jakarta Timur, dengan target 5 sumur resapan,” Ujar Hardi.

Hardi menambahkan, 5 titik tersebut dipilih oleh pihak kelurahan, dimana lokasi yang rawan genangan. Diantaranya, RW 05 (3 titik), dan RW 13 (2 titik). Adapun ukuran sumur yang dibangun berdiameter 1 meter dengan kedalaman variasi dari 2 – 3 meter tergantung kondisi tanah, dengan menggunakan teknologi filter hdpe (high density polyethylene), sehingga bisa menyaring sampah dan memperluas permukaan serapan tanah.

“Dengan adanya sumur resapan ini, dapat mencegah aliran air hujan untuk masuk ke saluran yang memiliki keterbatasan daya tampung yang bisa menyebabkan luapan dan menyebabkan banjir,” Jelas Hardi. [Kominfotik JT/OS]

Pos terkait