Dewan Da’wah Kota Langsa Adakan Tarhib Ramadhan

  • Whatsapp
Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Kota Langsa, – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah, Dewan Da’wah Islamiyyah Indonesia Kota Langsa mengadakan Kegiatan Tarhib Ramadhan. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bendahara Dewan Da’wah dan juga memandu acara sebagai Moderator yaitu Ust. Syawaluddin Ismail, Lc., MA, Kamis (08/04) bertempat di Masjid Zawiyah IAIN Langsa

Foto Dokumentasi

Syawaluddin dalam sambutannya menyampaikan Tarhib Ramadhan selalu diucapkan ummat islam sedunia setiap menjelang puasa bulan ramadhan sebagai manifestasi penyambutan kedatangan bulan mulia yang dilebihkan Allah SWT dari bulan-bulan yang lain. Secara terminologis (istilah), kata tarhib ramadhan berarti menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan segala kesiapan, keluasaan, kelapangan, dan keterbukaan yang dimiliki, baik materil maupun spiritual, jiwa dan raga serta segala apa yang ada dalam diri kita.

Bacaan Lainnya

Sementara Ketua Dewan Da’wah Kota Langsa, Dr. Iskandar Budiman, M.Cl sangat mengapresiasi kegiatan tarhib yang mengajak kepada Ummat Muslim, khususnya mahasiswa IAIN Langsa untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan penuh berkah dan pengampunan ini. Bulan Ramadhan memiliki ruang waktu yang suci dan hanya bisa dinikmati oleh mereka yang sudah menyucikan jiwa dan hartanya. Bersihkan diri sucikan hati, sambut Ramadhan dengan penuh kebahagian.

Sementara laporan Ketua panitia, Afrizal Refo, S.Pd.I., MA mengatakan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah persiapan menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan secara total, maksimal dan optimal baik secara fisik maupun mental dengan senang hati, gembira, lapang dan secara terbuka dengan program-program yang akan dilaksanakan didalam bulan suci Ramadhan.

Peserta dari kegiatan ini berjumlah 100 orang diantaranya Mahasiswa dari FTIK, FUAD dan Fakultas Syari’ah IAIN Langsa. Kegiatan ini menghadirkan penceramah Ust. Muhammad Alwin Abdillah, Lc.LLM dan ust. Hatta Sabri, M.Pd.

Ust. Muhammad Alwin Abdillah, Lc. LLM dalam tausiyahnya mengajak mahasiswa agar menjadikan bulan Ramadhan ini adalah bulan untuk melatih diri, melatih hawa nafsu, baik fisik maupun mental,  dan juga untuk melatih disiplin diri. Dalam kegiatan ini diharapkan makin menumbuhkan rasa cinta kepada ajaran agama yang dibawa oleh Nabi besar Muhammad SAW, dengan demikian akan lahir sikap mental rela berkorban dan lebih mengutamakan kepentingan Islam dari pada kepentingan pribadi dan golongan.

Ustadz Alwin juga menyampaikan pada seluruh peserta yang hadir,  “Semoga kita semua sama-sama menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang suci dan bersih. Kita persiapkan ilmunya, dan meningkatkan amalan-amalan di bulan ini,” Paparnya.

Dalam acara ini juga ustadz  Hatta Sabri, M.Pd selaku penceramah menyampaikan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, sebagaimana disampaikan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu, Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Apabila tiba bulan Ramadhan, dibuka pintu-pintu Syurga dan ditutup pintu-pintu Neraka serta syaitan-syaitan dibelenggu.” (HR Muslim).

Yang dimaksud dengan ”pintu-pintu surga dibuka” adalah ungkapan bentuk-bentuk ketaatan yang Allah SWT buka untuk hamba-hambaNya, dan yang demikian itu merupakan sebab-sebab masuknya seseorang ke dalam surga. Sedangkan yang dimaksud dengan ”pintu-pintu neraka ditutup” adalah ungkapan akan dipalingkannya keinginan untuk mengerjakan kemaksiatan yang menjerumuskan pelakunya ke dalam neraka.

Ustadz Hatta Sabri, M.Pd menyampaikan ada satu jenis orang yang tidak mendapat apa-apa dalam bulan Ramadhan, yaitu seseorang yang dalam hati nya masih ada kebencian terhadap sesamanya.  Maka para ulama menganjurkan sebelum memasuki bulan Ramadhan diharapkan untuk bisa saling maaf memaafkan sehingga dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan sempurna.

Selama bulan Ramadhan, Dewan Da’wah akan mengadakan berbagai kegiatan diantaranya Safari Subuh Ramadhan,  Training Da’wah Ramadhan dan Buka Puasa Bersama sekaligus santunan anak Yatim di Masjid Zawiyah IAIN Langsa. [CH/Janu]

Pos terkait