Didampingi Kapolres Pasbar, Menko PMK Tinjau Korban Gempa Bumi

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Pasbar, – Menko PMK tinjau korban gempa bumi didampingi oleh Kapolres Pasbar dalam rangka melihat perkembangan dampak pasca Gempa bumi magnitude 6.1 yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat.

Foto Dokumentasi

Gempa yang berpusat di 0,14 derajat LU dan 99,94 derajat BT pada kedalaman 10 kilometer hingga dirasakan juga di Kabupaten Pasaman, Lima Puluh Kota, dan Agam, pada Jumat pagi (27/02) minggu lalu, hingga hari ini ratusan Gempa susulan terus terjadi.

Bacaan Lainnya

Gempa bumi yang menimbulkan kerusakan ribuan bangunan dan memakan korban jiwa tersebut, telah menjadi bencana yang menyisakan luka dan kepedihan yang mendalam bagi para korban pasca gempa.

Hingga Hari ke 7, Kamis (03/03) bukan saja bantuan untuk para korban Gempa Pasbar yang terus mengalir dari berbagai daerah yang ada di Republik ini, namun sebelumnya sejak hari pertama, terlihat juga adanya kunjungan Gubernur Sumbar dan pejabat Provinsi Sumbar lainnya, termasuk kunjungan seluruh kepala daerah Kabupaten/kota yang ada di Sumbar.

Bahkan kunjungan dan empati maupun kepedulian itu, terlihat juga hadir beberapa pejabat tinggi Negara, yakni, Mentri sosial, KSAD TNI dan beberapa pimpinan Parpol lainnya yang langsung terjun ke lokasi pasca gempa.

Seperti hari ini Kamis (03/03) terlihat Kapolres Pasbar mendampingi kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy untuk meninjau langsung beberapa titik posko pengungsian.

Pada kunjungan tersebut, terlihat Menko PMK langsung turun keberapa titik lokasi yang parah akibat dampak pasca gempa, juga sekalian meninjau camp – camp pengungsian dan berdialog langsung dengan para korban.

Foto Dokumentasi

Selain Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M yang mendampingi Menko PMK, Muhadjir Efendi, terlihat juga Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi, Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi, S.Ag, Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto serta Dandim 0305/Pasaman, Letkol Hery Bakty.

Dikatakan Kapolres, kunjungan Menko PMK ke Pasaman Barat kali ini, dalam rangka peninjauan lokasi bencana untuk melihat langsung penanganan korban cedera, korban pengungsi rentan (perempuan, anak, balita dan lansia), termasuk disabilitas, apakah pemenuhan kebutuhan – kebutuhan pokok pengungsi tersebut sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Menko PMK, Muhadjir Efendi mengawali kunjungannya ke Jorong Pasa Lamo Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasbar untuk meninjau  Masjid dan rumah warga yang hancur akibat gempa bumi.

Selanjutnya, Muhadjir Efendi bergeser ke Nagari Kampung Tangah yang juga merupakan daerah yang cukup parah terdampak gempa bumi.

Setelah melihat situasi dan reruntuhan bangunan di Kampung Tangah, rombongan bergerak untuk melihat situasi keadaan pengungsi yang berada di Posko MAN 4 Jorong Limpato Nagari Kajai Kecamatan Talamau dan sekaligus memberikan bantuan kepada para pengungsi gempa bumi.

Rombongan terus bergerak menuju posko pengungsi yang berada di SMP Al-Azhar Jorong Sukomenanti Nagari Aua Kuniang Kecamatan Pasaman.

Setelah meninjau keadaan pengungsi di SMP AL-Azhar, rombongan menuju kantor Bupati untuk melaksanakan rapat koordinasi terkait penanganan pengungsi korban gempa bumi yang telah dilihat langsung sebelumnya.

Selesai rapat koordinasi, sebelum bertolak meninggalkan Kabupaten Pasaman Barat, Menko PMK menyempatkan diri mengunjungi camp pengungsi yang berada di halaman kantor Bupati Pasaman Barat.

Pada kesempatan itu terlihat Menko PMK berdialog dan berinteraksi langsung dengan para pengungsi serta tak lupa ia menghibur anak-anak yang menjadi korban gempa bumi. [Zoelnasti]

Pos terkait