Disdikbud Langsa Simulasi New Normal Sektor Pendidikan

Foto Walikota Langsa (Baju Putih) meninjau simulasi New Normal Sektor Pendidikan

Barometernews.id | Jakarta, – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa melakukan simulasi New Normal dan skrining kesehatan untuk para guru tingkat TK, SD dan SMP di Kantor Dinas setempat.

“Pelaksanaan ini dimulai tanggal 28 Mei sampai 5 Juni 2020 mendatang. Selain itu juga dilakukan simulasi New Normal yang disaksikan langsung Wali Kota Langsa Tgk. Usman Abdullah, SE dan unsur Forkompinda”, Sebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa Dra. Suhartini, M.Pd.

Bacaan Lainnya

Dijelaskanya, skrining kesehatan ini dilakukan berdasarnya Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang pedoman pembelajaran dari rumah dalam masa darurat penyebaran covid-19.

Hal ini dijelaskan Pada Bab III panduan kegiatan pembelajaran saat satuan pendidikan kembali beroperasi dengan menggunakan protokol kesehatan covid-19.

“Disdikbud telah mendapatkan rekomendasi Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid-19 Kota Langsa dan Dinas Kesehatan setempat”, Paparnya.

Dijelaskannya, ada 19 panduan New Normal jika sekolah sudah masuk atau beraktivitas mulai dari tempat duduk hingga sistem belajar.

Sebagai langkah awal dilakukan skrining kesehatan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) melalui absen kehadiran, dan wawancara riwayat perjalanan selama lebih kurang Belajar Dari Rumah (BDR).

Hal ini bertujuan untuk memastikan kesehatan para PTK ketika berhadapan dengan peserta didik nantinya.

“Kepada PTK dan kepala sekolah pada tanggal 2 Juni 2020 nanti untuk berada di sekolah menyiapkan keperluan, diantaranya membersihkan sekolah, mengisi rapor siswa”, Pinta Suhartini.

Selain itu, membuat hasil keterangan hasil kelulusan dan mempersiapkan penerimaan siswa baru, namun tidak mengesampingkan protokol kesehatan.

Jika keadaan normal sekolah akan dimulai pada tahun ajaran baru tanggal 13 Juli 2020 mendatang, dengan melaksanakan skenario PBM sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan pada panduan New Normal.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Dandim 0104/Atim, Letkol CZI Hasanul Arifin Siregar, Kapolres Langsa, AKBP Giyarto SH SIK, Ketua DPRK, Zulkifli Latif, Direktur RSUD Langsa, dr Fardhyani, Kadiskes dr Herman. [DS]

Pos terkait