Donor Plasma Konvalesen, Wujud Kepedulian Sosial Insan KPK

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar donor plasma konvalesen bagi insan KPK di Gedung Merah Putih KPK pada Selasa, (31/08). Pelaksanaan donor ini merupakan kerjasama KPK dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta.

Sekretaris Jenderal KPK Cahya H. Harefa menyebutkan donor plasma konvalesen di lingkungan KPK merupakan bentuk rasa peduli untuk membantu sesama manusia terutama bagi orang yang sedang melawan virus Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Donor ini juga merupakan inisiatif insan KPK yang menjadi penyintas covid-19 sebagai rasa syukur telah sembuh agar dapat meringankan beban sesama pegawai KPK yang sedang sakit karena covid-19 maupun masyarakat umum,” Terangnya.

Menurut Cahya, kegiatan donor plasma ini juga merupakan impelementasi dari salah satu 9 nilai antikorupsi, yaitu peduli serta merupakan wujud dari semboyan ‘Bangga Melayani Bangsa’.

KPK sebelumnya membuka pendaftaran bagi pegawai yang memenuhi kriteria untuk mengikuti donor tersebut. 30 pegawai tercatat mendaftarkan dirinya untuk mengikuti donor, namun hanya 19 orang yang lolos screening untuk donor ini.

“Sebanyak 18 dari 30 orang yang mendaftar dan mengikuti screening telah melakukan donor plasma konvalesen. Jumlah tersebut berkurang 1 pegawai yang batal mengikuti donor karena keadaan yang tidak fit,” Ungkap Cahya

Cahya menuturkan bahwa KPK berharap dari kegiatan ini agar lebih banyak yang tertolong untuk sembuh dari virus Covid-19 dan serta lebih banyak lagi yang dapat mengikuti kegiatan donor plasma konvalesen untuk membantu sesama.

“Kegiatan donor plasma konvalesen ini merupakan upaya membantu program Pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Covid-19 serta agar pandemi segera berakhir,” Tegasnya. [BHM – KPK RI]

Pos terkait