Dosen dan Mahasiswa Universitas Malikussaleh Adakan Giat Pengabdian kepada Masyarakat

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Banda Aceh, – Perwujudan dari kegiatan Tri Dharma Pendidikan Tinggi salah satunya adalah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dosen Universitas Malikussaleh. Kali ini, kegiatan dilaksanakan di Kelompok Maju Bersama Gampong Blang Kubu, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen pada tanggal 5 September sampai dengan 5 November 2022.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) diselenggarakan dengan melibatkan 3 Dosen dan 5 Mahasiswa/i yang dilaksanakan secara luar jaringan dengan tema “Aplikasi Teknologi Induced Spawning Ikan Lele Mutiara (Clarias sp) sebagai Upaya Diversifikasi Usaha Pada Kelompok Maju Bersama di Gampong Blang Kubu, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Aceh”.

Bacaan Lainnya

Dosen Universitas Malikussaleh yang terlibat yaitu Dr. Prama Hartami, S.Pi., M.Si, Prof. Nizalin S.Ag., M.Si, dan Martina, S.P., M.Si. Sedangkan dari mahasiswa/i yaitu Muhammad Rafi, Muhammad Rizki, Aripiandi, Zuraida, Mutiara Meylani Effendi.

Dr. Prama Hartami, S.Pi., M.Si, selaku Ketua Prodi Akuakultur Universitas Malikussaleh mengharapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Maju Bersama di Gampong Blang Kubu, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Kegiatan yang dilakukan meliputi persiapan wadah, pengisian air, pemasangan aerasi dan paranet, pengambilan induk Lele Mutiara di Banda Aceh, pemeliharaan induk dengan cara pemberian pakan dengan mencampurkan telur dengan tujuan mempercepat pematangan gonad induk jantan dan betina, pengecekan kualitas air, seleksi induk, penyuntikan hormon gonadotropin, pemijahan, perawatan induk pasca pemijahan, penetasan telur, dan perawatan larva.

Salah satu permasalahan yang dihadapi selama masa pemeliharaan induk yaitu sulitnya mencari pakan dengan protein tinggi untuk pematangan gonad induk Lele. Dan juga jarak pembelian pakan yang tergolong jauh.

Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Maju Bersama berharap ke depannya kegiatan pengabdian masyarakat dapat berlangsung secara terus menerus, sehingga  dapat menjadi wadah pembelajaran dalam kegiatan usaha. [BUK/jbm]

Pos terkait