Dosen IAIN Cot Kala Langsa Jadi Pembicara Seminar Internasional di UIN Medan

Ist

Barometernews.id | Medan, – Dr. H. Sulaiman Ismail Dosen Pascasarjana IAIN Cot Kala Langsa menyampaikan Perbincangan mengenai bagaimana peran lembaga pendidikan dalam membangun sistem atau kurikulum pendidikan dalam melatih seseorang sebagai pemimpin atau calon pemimpin, yang memiliki religiusitas atau nilai-nilai keagamaan seperti sifat-sifat dasar; jujur, tanggug jawab, disiplin, serta kepribadian yang kuat untuk dapat memberi pengaruh positif dalam kepemimpinannya.

Lebih lanjut Ketua LP2M IAIN Langsa juga mendorong agar dosen untuk terus meningkatkan kompetensinya dalam publikasi Ilmiah, hal ini diungkap dalam seminar Internasional di UIN Medan, Sabtu, 21/12/19.

Sementara itu, Muhammad Firdaus, Lc,. MSh, Sekjur Hukum Ekonomi Syariah IAIN Langsa menyampaikan bahwa Malaysia Dan Indonesia memiliki sekolah Islam yang dulunya memakai sistem traditional.

Tapi Ada juga yang sudah berubah dengan memakai sistem manajemen mutu seperti Dayah Jeumala Amal Aceh Indonesia yang mengadopsi sistem ISO. Di Malaysia juga sudah banyak sekolah Islam yang menerapkan manajemen mutu dengan mengadopsi Program 5S dari jepang.

Dari out put yang nampak setelah diterapkan beberapa sistem manajemen mutu tersebut memperlihatkan hasil yang sangat baik terutama bagi para siswa Dan seluruh stakeholders. ungkap Firdaus dalam presentasinya.

“Bahwa keberadaan seorang pemimpin dalam sebuah organisasi adalah sebagai akar tunjang yang menerobos lapisan tanah menuju pusat bumi. Menerobos terus hingga ke bagian terdalam dari bumi, sebagai sebuah patokan yang tertanam dalam dan menopang kedudukan dari sebuah organisasi,” kata Hamdani, MA, salah satu Dosen IAIN Cot Kala.

Pemimpinlah yang secara langsung bertugas untuk memberikan kekuatan maksimal bagi kelangsungan hidup sebuah organisasi.

Oleh karena itu, kepala madrasah sebagai Pemimimpin, harus terus mengembangkan Budaya Organisasi. Hal ini bertujuan agar iklim positif akan menentukan eksistensi madrasah tersebut, ungkap Hamdani yang juga dosen Tarbiyah Prodi PAI IAIN Langsa. (Red/Alif)

Pos terkait