Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unimal Edukasi Orang Tua dalam Mendamping Anak Belajar Daring Menggunakan Smartphone

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Lhokseumawe, – Dalam rangka melaksanakan Tridharma perguruan tinggi, Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh melaksanakan edukasi bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar daring menggunakan smartphone di Gampong Cot Keumuneng Kec. Sawang Kab. Aceh Utara, Jumat, (12/11/2021) lalu.

Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen yang berasal dari Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Unimal berjumlah 5 orang, yang terdiri dari Iryana Muhammad, S.Pd.I., M.Pd, Mursalin, S.Pd., M.Pd, Marhami, S.Pd., M.Pd, Muliana, S.Pd,I., M.Pd, Mutia Fonna, S,Pd., M.Pd dan turut di bantu juga oleh kelompok mahasiswa KKN 99 yang berada di gampong tersebut.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Iryana Muhammad mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kepada orang tua bagaimana mendampingi anak untuk belajar daring menggunakan smartphone.

“Orang tua kebanyakan tidak paham bagaimana dampak-dampak dari penggunaan smartphone pada anak-anak”, Kata Iryana yang juga sebagai ketua tim pengabdian.

Sementara, pematerinya adalah Bapak Mursalin, S.Pd., M.Pd yang juga merupakan anggota tim, dalam paparannya menjelaskan bahwa anak – anak perlu didampingi oleh orang tua dalam belajar agar terhindar dari penyalahgunaan smartphone. “Smartphone memiliki dampak serius bagi anak jika orang tua lalai dalam mengontrol,” Jelas Mursalin

Menurut salah satu peserta menyampaikan pandangannya, “Kami selama ini tidak paham bagaimana mendampingi anak-anak kami belajar daring akibat pandemi Covid-19, sekarang kami sudah paham,” Kata salah satu peserta.

Kegiatan ini memerikan edukasi yang baik bagi orang tua untuk mengontrol anaknya agar maksimal dalam belajar, dan juga benar-benar belajar. Kebanyakan dari anak-anak hanya menghabiskan waktu untuk main game online, atau judi online.

“Dengan adanya kegiatan pengabdian pembinaan desa lingkungan yang digagas oleh LPPM Universitas Malikussaleh memberikan perhatian pembinaan kepada masyarakat desa-desa lingkungan unimal,” Terang Iryana selaku ketua tim.

“Kami berharap kepada para orang tua untuk terus semangat dalam mengontrol dan mendampingi anaknya belajar daring di masa pandemi ini,” Pungkas Iryana. [Mursalin]

Pos terkait