DPD PAN Pasbar Akan Selektif Dalam Menetapkan Pengurus

Foto Dok. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Formatur terpilih, Drs. H. Baharuddin R, MM.

Barometernews.id | Pasbar, – Pasca selesainya Musda V PAN Pasbar yang dilaksanakan 23 Januari 2021 lalu di Latifa Jalur 32 Simpang Empat Pasbar dan secara aklamasi terpilihnya Drs. H. Baharuddin R, MM., sebagai Ketua Formatur otomatis Inyiak sapaan akrab Tokoh Pasbar ini kembali menahkodai DPD PAN Pasbar untuk yang ke dua kalinya (priode 2020-2025).

Foto Dokumentasi

Selanjutnya sesuai arahan Ketum DPP PAN, Zulkifli Hasan yakni selain meminta agar seluruh kader ikut bersama-sama menjaga kebersamaan soliditas agar keutuhan tetap terjalin dalam menghadapi tantangan PAN ke depan untuk lebih baik dan maju, Zulkifli Hasan berharap kepada ketua terpilih dan menyerahkan sepenuhnya dalam pelaksanaan selektif calon pengurus DPD PAN Pasbar ke depan.

Bacaan Lainnya

DPP PAN menyerahkan sepenuhnya amanah kepada Ketua terpilih, Drs.H.Baharuddin R, MM, sebab beliau telah lebih menguasai dan memahami situasi daerah untuk meletakkan kader dan mengundang tokoh termasuk seluruh kader dan simpatisan potensial PAN Pasbar untuk turut membesarkan secara bersama-sama PAN ke depan.

Zulkifli Hasan percaya dengan latar belakang ketokohan Inyiak dan semangat kebersamaan dalam andil membesarkan PAN selama ini.

Menurutnya, pengalaman dan ketokohan Inyiak tentu akan dapat menyatukan, mewujudkan PAN Hebat di Pasbar kedepannya.

Berdasarkan amanah tersebut ini sebagai sinyal dimulainya tahapan proses politik PAN Pasbar melakukan tahapan pelaksanaan pesta demokrasi ke depan.

Foto Dokumentasi

Berdasarkan hal tersebut Drs. H. Baharuddin R, MM mengundang seluruh kader dan simpatisan PAN Pasbar termasuk tokoh masyarakat Pasbar pada hari Minggu (31/01) di rumah PAN Simpang Empat sebagai penanda dimulainya tahapan penyeleksian calon Pengurus DPD PAN Pasbar yang akan dilakukan sesuai tahapan dari hasil pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) V.

Menurut Inyiak, sesuai dengan keputusan Rapat formatur Minggu (31/01) kemarin di rumah PAN Simpang Empat yang dihadiri seluruh pengurus DPD PAN Pasbar DPC PAN se Pasbar dan kader serta simpatisan yang sesuai juga dengan arahan dari DPP PAN, DPW PAN Sumbar, Formatur dalam satu bulan ke depan akan selesai membentuk kepengurusan lengkap.

“Kini kita sedang melakukan seleksi dan meminta kepada semua calon pengurus untuk mengisi fakta integritas dan pernyataan bersedia serta siap dan setia bersama-sama membesarkan PAN Pasbar, hingga 2 minggu ke depan sejak hari ini (Minggu,31/01) dan selanjutnya saya bersama Formatur akan melakukan tahapan-tahapan penetapan sesuai hasil Musda V kemarin,” Terang Baharuddin di Rumah PAN Pasbar Senin siang (01/02).

Diterangkan Inyiak, yang juga mantan Bupati dua priode ini, mulai Senin, (01/02) hari ini hingga 2 minggu kedepan (Minggu, 14/02) penyelenggaraan tahapan pendaftaran kesediaan menjadi bakal calon (balon) Pengurus DPD akan rampung dan selanjutnya kita ajukan sambil menunggu penetapan saja lagi yaitu SK dari DPP.

Tokoh masyarakat Pasbar yang juga kini sebagai Ketua Fraksi PAN dan juga Ketua Komisi di DPRD Pasbar ini menerangkan bahwa mekanisme pemilihan Pengurus DPD PAN Pasbar juga mengacu pada AD/ART dan mekanisme yang ada.

“Setelah daftar fakta integritas para calon pengurus masuk selanjutnya berkas akan diverifikasi oleh formatur dan kemudian bila lolos, hasilnya akan kita serahkan ke DPP PAN melalui DPW PAN Sumbar untuk ditetapkan menjadi Pengurus DPD PAN Pasbar,” Jelasnya.

Ditambahkannya lagi, untuk komposisinya, formatur akan meletakkan Calon Pengurus tersebut sesuai dengan ketokohan dan pengalaman serta skill yang dimiliki, bahkan menurut Inyiak dari unsur Perempuan PAN yang direkrut nantinya sebagai pengurus DPD PAN Pasbar, porsinya diusahakan di atas 30 % bahkan mungkin mencapai 40%.

“Hal ini kita lakukan sudah berdasarkan kajian yang dilakukan melalui musyawarah mufakat oleh Formatur dan sesuai juga dengan perkembangan dan kebutuhan kemajuan PAN Pasbar ke depan,” Ungkap Inyiak.

Ditambahkan Inyiak lagi, sebagaimana diketahui sesuai dengan amanah yang telah diterima oleh tim formatur dari DPW PAN Sumbar dan DPP PAN melalui Musda V secara serentak dengan virtual beberapa minggu lalu, tentu Formatur akan memiliki peran penting sebab bila salah dalam menentukan Struktur DPD PAN Pasbar periode 2020 – 2025 mendatang, maka mungkin saja PAN bukan saja jalan di tempat, bahkan bisa mundur, makanya kita sepakat untuk selektif memilih Calon Pengurus melalui fakta integritas dan mengisi blanko kesediaan terlebih dahulu papar Inyiak panjang lebar.

“Sebab kami yakin, pengurus sebagai forum tertinggi dalam jalannya roda partai untuk melaksanakan kebijakan dan pengambil keputusan tingkat Kabupaten Pasbar ke depan akan berjalan dengan kondusif, karena seluruh kader PAN dan Tokoh masyarakat sebagai simpatisan yang selama ini mengusung semangat, bila diamanahkan dan terlibat langsung, sebagaimana arahan Ketum DPP PAN yakni mengedepankan kebersamaan guna mewujudkan PAN Pasbar lebih hebat di masa mendatang dalam menghadapi Pileg maupun Pilkada akan tercapai dan berhasil,” Terang Inyiak Ketua DPD PAN Pasbar dua priode ini.

Ditambahkannya lagi, seperti amanah Ketum DPP PAN, Zulkifli Hasan baik dalam forum silaturahmi kader PAN, maupun dalam sambutan Musda V secara serentak dengan virtual lalu, di mana Ia telah dimandatkan penuh sebagai ketua formatur dan sekaligus sebagai Ketua terpilih DPD PAN Pasbar, peiode (2020-2025) bahwa Ketum DPP berpesan agar agenda Musyawarah Daerah (Musda) PAN dalam menyusun kepengurusan harus dilakukan dengan mengedepankan kebersamaan seluruh tingkatan.

“Dengan dasar itulah Ketum berpesan agar  kita tutup buku (lama), kita buka buku yang baru, untuk bersama-sama menjaga kebersamaan, soliditas kader, kita buka buku yang baru untuk mempersiapkan diri sejak dini melalui Musda V kemarin dengan menatap Sukses PAN Pasbar ke depan yang lebih baik,” Ujar Bahar mengakhiri. [Zoelnasti]

Pos terkait