Dua Desa di Aceh Barat Daya Gelar Maulid Bersama

  • Whatsapp
Ist

Barometernews.id | Aceh Barat Daya, – Maulid Nabi Besar Muhammad SAW berlangsung meriah di Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Maulid yang berlokasi di depan Masjid Jami’ Alue Sungai Pinang ini diadakan oleh dua desa hingga menyedot perhatian masyarakat sekitar, dan para pengendara yang melalui jalan nasional di desa tersebut, Minggu (05/01).

Ist

Desa Alue Sungai dan Kuta Jeumpa merayakan Maulid Nabi bersama, tujuannya agar proses penyelenggaraan maulid tersebut mempunyai nilai gotong royong dengan melibatkan unsur masyarakat di dua desa, selain dapat menarik simpati masyarakat, Maulid bertujuan agar tali silaturrahmi antara dua desa yang hanya dibatasi jalan ini tetap terjaga dengan baik.

Kepanitiaan Maulid ini dijabat langsung oleh pimpinan dua desa tersebut, M. Daud Syah, Keucik Alue Sungai Pinang dan Abdur Rafur Keucik Kuta Jeumpa sebagai Ketua, sedangkan Sekretaris dijabat oleh Muzahar, ST selaku Sekdes Alue Sungai Pinang dan Muhammad Arbi, S.Pi sekdes Kuta Jeumpa.

Ist

Undangan Zikir terdiri dari masyarakat dalam dan  luar kecamatan, seperti Desa Blangdalam Kecamatan Babahrot, Desa Cot Jeurat kecamatan Blangpidie, serta dari Persatuan Tuna Netra Aceh Barat Daya, sedangkan undangan dari kecamatan Jeumpa berasal dari desa Kuta Makmur, Asoe Nanggroe, Cot Mane dan Ladang Neubok.

Ist

Muzahar, ST selaku Sekretaris Panitia kepada barometernews.id mengatakan Maulid Nabi ini sudah dilaksanakan bersama selama enam kali, sejak beberapa tahun terakhir, kali ini lebih banyak masyarakat yang berpartisipasi.

“Maulid ini sudah terselenggara yang ke enam kalinya, semoga kekompakan bisa terus dijaga selamanya,” Harapnya.

Tidak hanya zikir dan shalawat, Maulid kali ini diisi ceramah agama oleh Teungku Ismail dari Aceh Barat.

“Kita mengajak seluruh masyarakat di dua desa dan masyarakat sekitar agar dapat hadir mendengarkan ceramah agama,” Ujar Teungku Ismail.

Ist

Kegiatan maulid ini turut dihadiri oleh Camat Jeumpa Teuku Nasrul, SKM yang berharap Maulid dapat menjaga kekompakan.

“Maulid ini merupakan kekompakan luar bisa di Jeumpa, patut dicontoh oleh daerah lain,” Ucap Nasrul. [Red/RSF]

Pos terkait