Festival Barista (JakCoffeEast) Jakarta Timur Digelar Mulai Sabtu Ini

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Jakarta Timur berkolaborasi dengan Mall Cibubur Junction menggelar Festival Barista (JakCoffeEast) Jakarta Timur di Area Parkir Mall Cibubur Junction, Sabtu (03/9). Dalam kegiatan ini akan digelar perlombaan Manual Brewing dan Latte Art.

“Acara ini diikuti sebanyak 36 orang peserta lomba Manual Brewing dan 20 orang peserta lomba Latte Art yang berasal dari Barista-barista dan komunitas kopi,” Kata Kasudin Pariwisata dan Ekonomi kreatif Jakarta Timur, Ahmad Gozali.

Bacaan Lainnya

Ahmad Gozali menambahkan, dilaksanakan festival sebagai sarana promosi kopi nusantara dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jakarta Timur. Menilik sejarah, Jakarta Timur merupakan kawasan daerah perkebunan kopi pertama di Indonesia.

Kebun kopi ini dibawa para penjajah Belanda untuk memajukan perekonomian di Batavia. Konon disebutkan, kopi yang ditanam di kawasan tersebut memiliki kualitas luar biasa, sehingga kopi ini begitu terkenal hingga ke daratan Eropa. Dalam catatan sejarah, tahun 1696 Wali Kota Amsterdam Nicholas Witsen memerintahkan komandan VOC yang tengah bertugas di Pantai Malabar, India, Adrian van Ommen, untuk membawa bibit kopi ke Batavia (Jakarta).

“Berdasarkan catatan sejarah ini merupakan suatu ajang promosi wisata kopi yang diharapkan memilliki daya tarik untuk pariwisata, dan juga meningkatkan ekonomi kreatif dan ketenagakerjaan di masyarakat khususnya di wilayah Jakarta timur,” Ungkapnya.

Ahmad Gozali mengatakan Festival Barista (JakCoffeEast) Jakarta Timur ini akan dilaksanakan, Sabtu, 03 September di Mall Cibubur Junction.

“Hari Sabtu (03/9) ini. Selain lomba Manual Brewing dan Latte Art, di sini juga ada hiburan musik dan sajian bazaar kopi nusantara. Ada sebanyak 20 booth yang siap menyajikan berbagai sajian kopi khas dari Indonesia,” Terangnya.

“Untuk seluruh masyarakat Jakarta khususnya warga Jakarta Timur yang hendak mencicipi berbagai hidangan kopi nusantara, kami mengajak semua untuk datang ke Mall Cibubur Junction pada hari Sabtu. Mari bersama-sama melewati akhir pekan bersama keluarga dan orang tercintanya di Festival Barista (JakCoffeEast) Jakarta Timur,” Tutupnya. [Kominfotik JT]

Pos terkait