FTIK IAIN Langsa dan Kementerian Agama Aceh Timur Kerjasama Tingkatkan Kualifikasi Guru RA

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Aceh Timur, – Kerjasama Peningkatan Kualifikasi Guru RA yang belum S.1 dan Sosialisasi Kerjasama Pelatihan Karya Tulis lmiah bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Aula Terbuka Kantor Kementerian Agama Kab. Aceh Timur, Kamis (22/04).

Foto Dokumentasi

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) DR. Zainal Abidin, S.Pd.I., MA menyampaikan bahwa FTIK IAIN Langsa berkeinginan untuk perluasan dan pemerataan pendidikan tinggi bagi guru TK/RA (Raudhatul Athfal) di Lingkungan Kemenag Aceh Timur yang belum S.1, khususnya Sarjana di bidang PIAUD, supaya linear dengan fungsi dan tugas di sekolahTK/RA.

Bacaan Lainnya

Disamping itu Dekan FTIK juga menambahkan bahwa kegiatan ini akan  berdampak bagi guru TK/RA sendiri terutama dalam hal peningkatan kualitas dalam pembelajaran karena sudah  linear antara keilmuan dengan Fungsi/Tugas di TK/RA. Bagi guru MI dapat meningkatkan kualitas Karya Tulis Ilmiah melalui pelatihan KTI kerjasama dengan FTIK IAIN Langsa. Ungkapnya pada awak media.

Sementara itu Kepala Kankemenag Aceh Timur diwakili oleh Kasi Pendidikan Madrasah Fadli, S.Ag, M.Si menyambut baik kerjasama dengan FTIK IAIN Langsa dalam rangka meningkatkan kualifikasi pendidikan bagi guru TK/RA yang belum S.1 dan melaksanakan pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Lebih lanjut Kasi Pendidikan Madrasah juga berharap kepada seluruh guru TK/RA di lingkungan Kemenag Kab. Aceh Timur untuk antusias melanjutkan Studi S.1 ke Prodi PIAUD FTIK IAIN Langsa, karena menurut beliau ini kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan.

Fadli juga mengakui masih banyak guru MI, MTs dan MA yang terkendala dalam pengurusan pangkat dan lain-lain disebabkan belum bisa menulis KTI dengan benar. Oleh karena itu diharapkan guru MI atau jenjang lainnya dapat menyahuti itikad baik dari FTIK IAIN Langsa untuk melatih guru tentang KTI.

Ka. Prodi PGMI FTIK IAIN Langsa Rita Sari, M.Pd menjelaskan bahwa Road Map pelatihan KTI yang  akan dilaksanakan/ dirancang bagi guru MI dan lainnya. Sementara itu Ka. Prodi PIAUD FTIK IAIN Langsa Rita Mahriza, MS juga melakukan presentasi tentang Prodi PIAUD FTIK IAIN Langsa yang sudah memiliki akreditasi B dan siap melayani para guru TK/RA di Lingkungan Kemenag Aceh Timur untuk kuliah di Prodi ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Kepala TK/RA , Guru TK/RA dan Guru MI di Lingkungan Kementerian Agama Kab. Aceh Timur. [CH/Janu]

Pos terkait