Generasi Qurani

Foto Dokumentasi

Oleh: Mahfud Hidayat

Penulis adalah Khuwaidim Pengurus MUI Kota Bogor Komisi Pendidikan dan Kaderisasi

Bacaan Lainnya

Beberapa hari yang lalu, sekolah dasar tempat putri kami belajar mengadakan kegiatan khatmul Quran. Alhamdulillah putri kami salah satu pesertanya. Banyak yang berharap agar semua peserta (khatimin dan khatimat) diberikan bimbingan oleh Allah SWT menjadi generasi Qurani.

Setiap kali telinga kami mendengar istilah ini, hati selalu bergetar. Generasi Qurani adalah generani yang meyakini kebenaran isi Al-Qur’an, membaca, menghafal, serta memahami dengan baik dan benar makna yang terkandung di dalamnya. Tentunya tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan. Perlu upaya bersama dan sinergitas antara sekolah, lingkungan keluarga, dan masyarakat sekitar. Tentunya dengan terus menerus berdoa dan memohon bimbingan Allah SWT untuk mewujudkannya.

Disadari atau tidak, dalam diri kita terdapat lima unsur; fisik, akal, rasa, hati, dan ruh. Semuanya harus Qurani. Fisik yang Qurani disinari oleh hati dan ruh yang Qurani. Telinga, tangan, dan mulutnya akan berbuah kebaikan sesuai perintah Tuhan. Akal yang Qurani selalu mendapat cahaya dari nurani yang Qurani. Ia akan berpikir positif, menjauhi buruk sangka, dan menghindari pikiran yang picik dan licik. Demikian seterusnya.

Wajar jika orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya adalah sebaik-baiknya manusia. Sayyidina Usman bin Affan meriwayatkan bahwa Baginda Nabi Muhammad SAW bersabda: “Khairukum man ta’allamal Qur’ana wa ‘allamahu” (sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya). HR Al Bukhari.

Mempelajari Al Qur’an tentunya tidak hanya sekadar lafadz (bacaan), namun juga makna (tafsir) yang terkandung di dalamnya. Pun, tidak berhenti di situ, insan termulia harus mulia pula dalam tingkah dan perbuatan. Semuanya bermuara pada akhlak Al Quran.

Memang berat untuk menjadi Generasi Qurani. Namun bercita-cita untuk menjadi orang yang mulia adalah kemuliaan. Dengan berharap harapan yang baik adalah kebaikan. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan pertolongan kepada kita untuk mewujudkannya. Barakallah lana walakum..wallahu a’lam. [jbm]

Pos terkait