Hari Ini KPU Pasbar Laksanakan Rekapitulasi Perolehan Suara Hasil Pilkada 2020

Foto Dok. Alharis, S.Pd., Ketua KPU Pasbar

Barometernews.id | Pasbar, – KPU Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatatera Barat hari ini pukul 14.00.Wib mulai merekap perolehan suara masing-masing Pasangan Calon (Paslon) yang ikut dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2020, Selasa (15/12).

Foto Dokumentasi

Diharapkan usai rekapitulasi akan dilanjutkan dengan penetapan perolehan suara masing-masing Paslon, hingga secara resmi masyarakat akan mengetahui siapa peraih suara terbanyak.

Bacaan Lainnya

“Sesuai tahapan Pilkada, hari ini KPU Pasbar menggelar rapat pleno terbuka tentang  rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat  kabupaten. Baik untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar,” Terang Alharis, S.Pd Ketua KPU Pasbar di Simpang Empat.

Menurutnya penetapan perhitungan suara ini akan dilaksanakan di Aula Kantor KPU Pasbar yang dijadwalkan atau dibuka secara resmi pada jam 14.00 WIB  dan ini sesuai jadwal atau tahapan yang telah ditetapkan oleh KPU RI yakni Rapat Pleno dimulai dari 13 – 17 Desember 2020  rapat pleno KPU Pasbar dijadwalkan mulai hari ini.

Foto Dokumentasi

Diterangkan Ketua KPU Pasbar, Alharis, S.Pd rekapitulasi dimulai Selasa hari ini yang diawali dengan penyampaian hasil rekap tingkat kabupaten. Sedangkan penetapannya dilakukan sesuai dengan agenda yang diawali dengan pembacaan hasil rekap.

“Penetapan hasil perhitungan rekapitulasi tingkat kabupatan tentunya akan dilaksanakan usai pembacaan hasil rekap. Bisa hari ini sampai rentang waktu paling lama tanggal 17 Desember 2020,” Sebutnya.

Selanjutnya, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 tahun 2020 Tentang Tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2020, maka setelah rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten, KPU Kabupaten/ Kota akan mengumumkan secara resmi hasil rekapitulasi pada tempat pengumuman di KPU Kabupaten/Kota dan melalui laman KPU oleh KPU Kabupaten/Kota, paling lambat 23 Desember 2020.

Selanjutnya akan dilaksanakan Penetapan Calon terpilih.

Diterangkannya, namun bila ada permohonan penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilu (PHP), maka penetapan calon terpilih akan dilakukan paling lama 5 (lima) hari setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) keluar dan diterima salinan putusannya oleh pihak KPU. [Zoelnasti]

Pos terkait