Hujan Deras, Waduk Ria Rio Aman dan Saluran Beroperasi Normal

Foto Dok. Kelurahan Kayu Putih

Barometernews.id | Jakarta, – Jajaran Kelurahan Kayu Putih meninjau kondisi Waduk Ria Rio, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, setelah wilayah Ibu Kota dilanda hujan deras, Senin (08/02).

Alhamdulillah Waduk Ria Rio masih dalam kondisi aman. Semoga saja dari enam aliran saluran penghubung (Phb) dapat mengalir normal sehingga tidak terjadi luapan dan banjir yang selama ini diresahkan oleh warga,” katan Lurah Kayu Putih, Artika Ristiana, saat dikonfirmasi.

Bacaan Lainnya

Artika menyebutkan, keenam saluran air Phb tersebut yaitu saluran Phb IKIP, Phb Kampung Ambon, Phb Kayu Putih, Phb Alu Alu, Phb Pulo Nangka dan Phb Pulomas Timur.

“Saat ini saluran seluruhnya masih dalam kondisi terkendali,” Tambahnya.

Ia mengingatkan agar seluruh warganya dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di saluran.

Dalam menangani banjir, Kelurahan Kayu Putih telah menyiagakan Posko Bencana sebagai upaya antisipasi dan penanganan bencana banjir saat memasuki musim penghujan.

Tak hanya itu, berbagai upaya juga terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan pengerukan sedimen pada saluran air sesuai Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 55 Tahun 2020 tentang Percepatan Peningkatan Sistem Pengendalian Banjir di Era Perubahan Iklim.

“Kolaborasi masyarakat sangat kita butuhkan dalam menjaga kelestarian dan keamanan ancaman banjir saat musim penghujan,” Tandasnya. [Kominfotik JT/AJ]

Pos terkait