HUT Damkar ke 101 Momentum Tingkatkan Ketahanan Masyarakat Hadapi Bahaya Kebakaran

Foto : Ded

Barometernews.id | Langsa, – Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Kota Langsa menyampaikan apresiasi atas HUT Damkar ke-101 pada 1 Maret 2020 yang mengusung Tema Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Unggul Guna Terwujudnya Perlindungan Masyarakat Menuju Indonesia Maju.

“Kami mendukung peningkatan peran pemadam kebakaran dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan membangun konstruksi kebijakan peningkatan kualitas penyelenggaraan sub urusan kebakaran,” kata Ketua Forum PRB Kota Langsa Zulfitri.

Foto : Ded

Zulfitri menambahkan bahwa tema HUT Damkar ini sejalan dengan visi misi pemerintah maupun visi misi pemadam kebakaran internasional, yakni To Prevent Fires, Safe Property and Lives melalui pencegahan serta penanggulangan kebakaran yang dilakukan profesional dan terlatih.

Untuk memperkuat kinerja Damkar di daerah, Kemendagri menerbitkan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan & Keuangan Daerah.

Dalam peraturan ini nomenklatur program penanggulangan kebakaran sudah diwadahi, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Kemendagri juga telah menerbitkan Permendagri Nomor 20 tahun 2020 tentang pedoman nomenklatur Pemadam Kebakaran provinsi dan kabupaten/kota.

Forum PRB Langsa berharap agar HUT Damkar ke 101 ini menjadi momentum yang baik dalam upaya penanggulangan kebakaran berbasis masyarakat yang secara sukarela berpartisipasi mewujudkan ketahanan lingkungan dari bahaya kebakaran.

“Tujuannya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pemadaman kebakaran. Selain itu diharapkan dapat menciptakan sinergi antara Pemadam Kebakaran dengan masyarakat, dan meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran,” tutup Zulfitri. (Red/Ded)

Pos terkait