IDI Cabang Pasbar Gelar Percepatan Pemulihan Warga Kajai Pasca Bencana

Foto Dok. Forkopimca foto bersama dengan IDI

Barometernews.id | Pasbar, – IDI Cabang Pasbar Gelar Percepatan Pemulihan Warga Kajai Pasca Bencana, hal tersebut terungkap saat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Kabupaten Pasaman Barat, menggelar bakti sosial di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasbar pada Sabtu, (25/06) kemarin.

Foto Dok. Dokter Muda IDI dan warga

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Hari Bakti Dokter Indonesia, dengan tema ” IDI Reborn 114: Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat,”.

Bacaan Lainnya

Gelar Bakti Sosial yang dilaksanakan tersebut di isi dengan beragam kegiatan, seperti sunat massal gratis buat anak anak Nagari Kajai dan pemeriksaan kesehatan gratis, juga imunisasi termasuk pemeriksaan ibu hamil untuk masyarakat Nagari Kajai dan sekitarnya, termasuk rembuk stunting.

Demikian antara lain disampaikan oleh ketua IDI Pasbar, Heru Widyawarman.

Disampaikan Heru, cabang IDI wilayah Sumbar sengaja memusatkan Hari Bakti Dokter Indonesia di Nagari Kajai, disamping sebagian kegiatan rutin juga untuk pemulihan masyarakat Kajai pasca gempa bumi beberapa bulan yang lalu.

Foto Dok. Saat pemeriksaan kesehatan

“Selain mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis dan kegiatan sosial lainnya, IDI juga akan memberikan bantuan ke beberapa Masjid masjid yang ada di daerah Kajai,” Terang Heru.

Bahkan, menurut Heru pihaknya kedepan melalui IDI Pasbar, juga mengadakan daerah binaan di Nagari Kajai, dengan titik daerah yang terpilih yakni Lubuk Panjang, karena Lubuk Panjang adalah wilayah yang kehancurannya luar biasa saat terjadi gempa.

Menurutnya, tujuan IDI adalah bagaimana agar percepatan pemulihan masyarakat pasca bencana gempa, terutama menyangkut kesehatannya dapat tercapai.

“Kita akan bangun musholla, kita juga akan melakukan beberapa kegiatan baik pengobatan dan mitigasi bencana sehingga nanti masyarakat daerah Kajai dan khususnya Lubuk Panjang akan pulih, agar bisa kembali beraktifitas seperti semula sebelum terjadinya bencana,” Terang Heru.

Foto Dok. Khitanan Massal gratis

Sementara itu Pj. Wali Nagari Kajai, Ramadhani menyampaikan, kegiatan hari Sabtu tersebut juga merupakan kerja sama dengan melibatkan puluhan dokter umum maupun dokter Ahli yang ada di bawah naungan IDI Pasbar, dengan tujuan agar warga mendapat pemeriksaan skala prioritas, terkait percepatan pemulihan khususnya kesehatan masyarakat.

Dikatakan Ramadhani, kegiatan bakti sosial IDI yang dilaksanakan di Nagari Kajai ini merupakan momentum yang tepat sekali, apa lagi pasca terjadinya gempa bumi pada Februari lalu, tentu kegiatan dengan pemeriksaan kesehatan gratis sangat dibutuhkan oleh masyarakat, hingga terlihat antusias warga yang datang di luar dugaan.

“Kami berharap semoga kedepannya pengobatan gratis seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala, paling tidak sekali dalam sebulan, sebab setelah terjadinya gempa kemarin itu, tentu saat ini warga sangat membutuhkan kehadiran tim medis untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Pasca gempa,” Ujarnya. [Zoelnasti]

Pos terkait