Iran Membuka Kembali Sebagian Besar Mesjid Setelah Ditutup Akibat Covid-19

Foto Presiden Iran Hassan Rouhani (AFP)

Barometernews.id | Teheran, – Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan masjid akan dibuka kembali di sebagian besar negara itu besok, setelah ditutup pada awal Maret setelah pecahnya wabah COVID-19 yang telah menyebabkan banyak kematian di Asia Barat.

Rouhani mengatakan 132 distrik, sekitar sepertiga dari pemerintahan negara itu, akan ‘membuka kembali masjid mereka besok’.

Bacaan Lainnya

“Jarak sosial lebih penting,” Tambahnya, menunjukkan bahwa Islam menganggap keamanan sebagai kewajiban, sementara shalat di masjid hanya “direkomendasikan”.

Wilayah yang ditargetkan adalah yang “berisiko rendah,” kata Rouhani dalam pertemuan yang disiarkan oleh pejabat negara itu.

Dia mengatakan komite juga mempertimbangkan membuka kembali sekolah pada 16 Mei untuk memungkinkan kelas selama satu bulan sebelum liburan musim panas.

COVID-19 telah membunuh lebih dari 6.150 dan menginfeksi lebih dari 96.440 orang di Iran sejak mengumumkan kasus pertamanya pada pertengahan Februari.

Rouhani mengatakan kemungkinan infeksi “jauh lebih rendah” daripada dalam beberapa pekan terakhir.

Iran pada hari Sabtu melaporkan jumlah infeksi baru terendah sejak 10 Maret.

Para ahli dan luar negeri telah meragukan atas angka COVID-19 negara itu, dengan mengatakan jumlah sebenarnya kasus mungkin jauh lebih tinggi dari yang dilaporkan.

Republik Islam Iran telah berusaha untuk mengekang penyebaran virus dengan menutup universitas, teater, stadion dan tempat-tempat umum lainnya sejak Maret.

Namun, ia telah membuka kembali perekonomiannya secara bertahap sejak 11 April, dengan alasan bahwa negara itu terkena sanksi.

Hanya bisnis “berisiko tinggi” seperti pusat kebugaran dan toko pangkas rambut yang ditutup.

“Kami akan melanjutkan pembukaan kembali secara bertahap, Kata Rouhani.

Namun, ia memperingatkan bahwa Iran juga harus bersiap untuk “skenario terburuk”, dengan mengatakan ‘situasi ini dapat berlanjut hingga musim panas’. [AFP]

Pos terkait