IRT Sungai Aur Dilatih Mengolah Aneka Masakan

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Pasaman Barat, – Guna meningkatkan rasa percaya diri dan menambah kreativitas ibu rumah tangga (IRT) mengolah aneka masakan, TP-PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Pasaman Barat, Rabu (14/9) memberikan pelatihan tata boga (mengolah bahan makanan ala frozen food) di Aula Kantor Walinagari setempat.

Ketua TP PKK Pasaman Barat, Ny. Titi Hamsuardi menyampaikan, dalam rangka meningkatkan perekonomian warga, melalui pemberdayaan usaha kreatif dan produktif bagi kaum ibu, salah satu bentuk yang diberdayakan adalah pelestarian budaya memasak bahan makanan.

Titi Hamsuardi, mengakui kegiatan ini jika dikelola secara maksimal dan berlanjut terus menerus dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama di Kenagarian Sungai Aur. Selain bisa menjual bahan makanan yang akan diolah, masyarakat juga bisa menikmati makanan yang telah diolah sebagai usaha produktif IRT.

“Pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan kemandirian pesertanya, sehingga para ibu-ibu juga dapat berperan dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui usaha yang dibuat, bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan nantinya,” tutur Titi.

“Melalui pelatihan tata cara mengolah bahan makanan ini, tentu dapat menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi perempuan dan ibu-ibu rumah tangga setempat. Sehingga kedepannya peran perempuan dalam keluarga dapat menambah pendapatan ekonomi di dalam keluarganya,” harap Titi.

Walinagari Sungai Aur, Mohammad Zenni mengatakan pihaknya mendukung dilaksanakannya latihan mengolah bahan makanan ini sebagai upaya peningkatan pendapatan ekonomi di dalam keluarga.

Pelatihan tata boga bagi kaum perempuan dan IRT di Kecamatan Sungai Aur ini, diikuti 20 orang dan berlangsung selama tiga hari, dimulai hari Rabu ini (14/9) dan akan berakhir hari Jumat (16/9). [gmz/jbm]

Pos terkait