Kabid Humas Polda Sumbar Pimpin Langsung Penyerahan Bantuan

Foto Dok. Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto

Barometernews.id | Pasbar, – Kabid Humas Polda Sumbar pimpin langsung penyerahan bantuan, hal itu terlihat saat Tim Polda Sumbar menurunkan bantuan kemanusiaan untuk korban Gempa bumi Magnitudo 6,1 yang melanda Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumbar pada Jumat pagi 25 Pebruari 2023.

Foto Dokumentasi

Selain itu pihak Polda juga menurunkan dan melibatkan tim kesehatan dari Polres Pasbar, demikian disampaikan oleh Kapolda Sumbar melalui Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, saat menyerahkan bantuan kepada korban gempa di Pasaman Barat pada Sabtu (26/02).

Bacaan Lainnya

Menurutnya bantuan kesehatan melalui tim kesehatan tersebut selain untuk membantu pemeriksaan dan pengobatan awal bagi korban luka-luka dampak gempa, juga bentuk bantuan kepedulian kemanusiaan yang diberikan kepada korban di Kabupaten Pasbar.

Dalam kesempatan itu juga, Kabid Humas  menanyakan keadaan para warga terdampak gempa dan apa – apa  saja yang dibutuhkan oleh warga di wilayah Nagari Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat.

Atas kejadian itu, Kabid Humas menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia dan juga korban terdampak akibat gempa.

“Kami menyampaikan turut berbelasungkawa kepada seluruh korban bencana alam gempa bumi ini,” Ucap Bayu.

Kegiatan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa bumi Magnitudo 6,1 yang melanda Kabupaten Pasaman Barat dan kabupaten Pasaman, Provinsi Sumbar itu dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto.

Foto Dokumentasi

Dikatakannya, akibat bencana tersebut telah mengakibatkan beberapa wilayah di Pasbar mengalami kerusakan di sejumlah bangunan dan ratusan unit rumah warga, bahkan ada terdapat korban jiwa.

Menurutnya, berdasarkan hal itu Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menginisiasi langsung menurunkan bantuan kemanusiaan yang terdiri dari personel Polri, Tenaga Kesehatan dan peralatan lapangan.

“Untuk  membantu korban gempa  bumi ini, Polda Sumbar mengirimkan Satu Kompi Brimob, Satu Pleton Samapta, dan Dua tim Tenaga Kesehatan,” Ujar Bayu.

Lebih lanjut, Satake Bayu Setianto menerangkan, dari masing-masing Tim ini, nantinya di lapangan akan difokuskan untuk membantu korban gempa bumi di dua Kabupaten tersebut, terutama untuk proses evakuasi dan pengobatan terhadap  warga setempat.

Selain itu, Kabid Humas juga mengatakan saat ini tenda pengungsian telah dipasang di beberapa titik untuk evakuasi awal terhadap korban gempa bumi.

“Nantinya di lapangan Tenaga Kesehatan akan langsung memberikan pengobatan terhadap warga korban gempa bumi,” Terang Bayu.

Dalam kesempatan itu Kabid Humas dan Kabid dokkes Polda Sumbar juga langsung menyerahkan bantuan sembako, berupa mie instan dan beras, makanan ringan dan air mineral kepada warga terdampak korban gempa bumi.

Selain itu, tim kesehatan dari Polres setempat juga telah diturunkan kelapangan untuk membantu pengobatan awal bagi korban luka – luka akibat gempa itu. [Zoelnasti]

Pos terkait