Kadis Pariwisata Pasbar, Decky H. Sahputra Siap Laksanakan Tugas dengan Berinovasi dan Totalitas

  • Whatsapp
Foto Dok. Bupati Pasbar, H. Hamsuardi

Barometernews.id | Pasbar, – Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi saat melantik 6 Pejabat Eselon II pada Jumat (27/08) lalu di Auditorium Kantor Bupati berpesan dan meminta para pejabat yang dilantik agar mampu memegang amanah erat-erat dan totalitas serta berinovasi dalam bekerja, Hamsuardi juga berharap setelah jabatan ini di amanahkan, segeralah berinovasi dengan  menunjukkan dedikasi dengan ikhlas bahwa jabatan ini harus dilaksanakan dengan totalitas dan tanggung jawab, bukan hanya saat di dunia ini tapi diakhirat kelak.

Foto Dok. Kadispar membahas program wisata dengan salah seorang Kabidnya

Harapan dan amanah Bupati tersebut langsung disikapi oleh Kadis Parawisata Pasbar, hal ini terbukti Selasa (31/08) saat media ini (Barometernews) mengunjungi Kantor Dinas Parawisata Pasbar, terlihat Decky H. Sahputra Kadis yang baru, Kendati disibukkan dengan tugas-tugas rutin jabatan barunya, Decky yang didampingi oleh Salah satu Kandidat Kabid Destinasi, Robby ZR tetap terbuka dalam menerima tamu dari berbagai penggiat /pelaku Wisata di Pasbar, bahkan Decky sempat menyuguhkan makan siang bersama beberapa penggiat wisata di ruangannya.

Bacaan Lainnya

Kadis yang didampingi Kabid Destinasi dan juga beberapa stafnya itu bersama para penggiat dan pelaku wisata tersebut mengupas habis segala bentuk potensi wisata yang berpotensi sebagai prospek ke depan untuk dikembangkan pada diskusi siang itu.

Berbagai prospek destinasi wisata dari berbagai kecamatan dibahas, hal ini sebagai bahan persiapan yang akan dibawa pada acara pertemuan dan tatap muka sekaligus diskusi dalam waktu dekat ini, dan acara kopi darat dengan para penggiat dan tokoh masyarakat ini ternyata sudah digagas oleh Decky sejak ia dilantik, dan menurutnya pertemuan ini sangat penting sebagai arena diskusi dengan para penggiat dan pelaku wisata yang ada di Pasbar, bagaimana memajukan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Pasbar.

Foto Dokumentasi

Menurut Decky, hasil dari acara pertemuan tatap muka antara Dinas Parawisata dengan penggiat dan pelaku Wisata Pasbar tersebut, kedepan akan dijadikan salah satu rujukan program Dinas Wisata 2022 yang akan dituangkan dalam aksi rencana kerja Dinas Pariwisata Pasbar.

Gebrakan Kepala Dinas Parawisata Pasbar ini sudah terlihat dari pada sifat Decky yang selalu haus dengan jiwa petualangannya selama ini, hingga kerinduannya untuk selalu dekat dengan alam dan penggiat maupun pelaku wisata selama ini tak terbendung, hal itu tetap melekat dalam tubuh pria yang kini juga dikenal aktif dalam kegiatan KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat.

Memegang jabatan tinggi, juga tidak lantas membuat Decky meninggalkan hobi petualang yang digelutinya sejak lama. Kepala Dinas Dinas Parawisata Pasaman Barat ini tetap terbuka dan membiasakan diri tanpa birokrasi menerima tamu dari semua kalangan.

Terbukti sejak pagi hingga sore di hari Selasa itu selain sibuk dengan tugas rutin administrasi kantor ia tetap tersenyum dan enjoy dalam menerima kunjungan masyarakat khususnya membahas perkembangan destinasi wisata Pasbar ke depan.

Foto Dokumentasi

Hari itu terlihat dari silih bergantinya tamu yang tiba, seperti ada dari penggiat wisata Kecamatan Talamau, Ninik Mamak dan Tokoh masyarakat Lubuk Landur, PokDarwis Kecamatan Gunung Tuleh dan Kelompok penggiat wisata Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Duo serta Barisan penggiat Wisata Kecamatan Lembah Melintang juga tak ketinggalan anggota dari Kwarcab 0317 Pasbar yang hari itu juga berkunjung untuk berdiskusi ke Dinas Pariwisata Pasaman Barat.

Kunjungan Anggota Pramuka Kwarcab 0317 Pasbar ke Dinas Parawisata yang diwakili oleh Kurnia (ketua DKC Pasaman Barat) dan Hendro Saputra ( Andalan Kwarcab 0317) melakukan koordinasi ke Decky Harmiko Saputra selaku Kepala Dinas.

Dari perbincangan tersebut, terlihat Dinas Pariwisata sangat antusias agar kedepan bisa bersama Pramuka untuk memajukan potensi wisata yang ada di kabupaten Pasaman Barat.

“Dinas Pariwisata Pasbar siap mengadakan kegiatan Temu Saka Pramuka Pariwisata dalam rangka peningkatan kemampuan anggota,” Ujar Decky.

Menurut Decky gerakan Pramuka di Bidang Kepariwisataan sebagai pelaksana kegiatan untuk mengembangkan destinasi wisata Pasbar di berbagai Kenagarian yang ada di Pasaman Barat sangatlah besar.

“Anggota Saka Patiwisata harus mampu menjadi duta pariwisata yang baik, mampu mengamalkan Dasa Dharma Pramuka, yakni antara lain apabila seorang anggota Pramuka bertaqwa, dengan sendirinya dia suci dalam pikiran,perkataan dan perbuatan,” Ungkap Decky.

Decky juga mengatakan pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata dapat mendayagunakan anggota Gerakan Pramuka untuk mendorong perkembangan sektor pariwisata.

“Betapa pentingnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif karena daya saing yang semakin kompetitif, dalam hal ini tentu tidak ada alasan maupun jalan lain kecuali menggalakkan pariwisata dan ekonomi kreatif,” Jelas Decky.

Pihaknya sangat berharap peran Pramuka terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, sebab menurut Decky Pramuka terutama kaum muda juga memiliki peran penting dalam merealisasikan visi kepariwisataan berkelanjutan serta untuk meningkatkan kepedulian, peran, dan partisipasi generasi muda, khususnya melalui wadah Pramuka yang berperan aktif dalam kegiatan pembangunan di bidang kepariwisataan yang berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip Sapta Pesona.

Apa yang disampaikan oleh Kadis Parawisata Pasbar tersebut gayung bersambut, sebab menurut Kurnia (ketua DKC Pasaman Barat) yang didampingi oleh Hendro Saputra ( Andalan Kwarcab 0317) yang juga sebagai tokoh muda energik ini hal tersebut sesuai, apa lagi Saka Pramuka Pariwisata memiliki tiga krida yaitu Krida Pemandu Wisata, Krida Penyuluh Pariwisata, dan Krida Kuliner Wisata. Kegiatan tersebut meliputi pengelolaan perjalanan wisata/pemanduan wisata dan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang merupakan perwujudan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di sekitar destinasi pariwisata. Hal itu sebagai bagian dari bakti Saka Pariwisata terhadap pembangunan masyarakat bangsa dan negara.

Terkait hal tersebutlah melalui Audiensi tersebut kedepan direncanakan pembentukan SAKA PARIWISATA ( Satuan Karya Pramuka  Pariwisata ) di Kabupaten Pasaman Barat yang tujuannya untuk penguatan Destinasi Wisata Pasaman Barat melalui Pramuka.

Robby ZR pada kesempatan itu juga menghimbau agar generasi muda dan para penggiat maupun pelaku wisata menyiapkan diri untuk menyambut prospek dan potensi yang ada, terutama melalui kelompoknya dengan disiplin mengatur jadwal silaturahimnya bersama di Dinas Pariwisata khususnya bersama Kadispar, “jadikan kantor Dinas Pariwisata rumahnya Generasi Muda sebagai PENGGIAT PARIWISATA PASAMAN BARAT  untuk memajukan Nagari, semoga kedepan kita semakin erat bergandengan bersama dalam memajukan Parawisata di Bumi Tuah Basamo ini,” Himbau Robby.

Pada kesempatan itu juga Decky yang didampingi oleh Robby mengajak semua pihak untuk terus menggali potensi wisata yang ada di daerahnya dengan memunculkan budaya dan kearifan lokal,namun tetap jaga alam serta lingkungannya “Persiapkan diri menyambut lapangan pekerjaan, lapangan usaha dan perkembangan ekonomi dari halaman rumah kita melalui potensi wisata yang ada dengan bersama,” Ajak Decky mengakhiri. [Zoelnasti]

Pos terkait