Kampung Pisangan Kelurahan Penggilingan Terpilih Jadi Kampung Tangguh Jaya

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Hendra Hidayat menghadiri peluncuran Kampung Tangguh Jaya di Kampung Pisangan RT 017/RW 05 Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (08/12).

Kampung Tangguh Jaya ini merupakan inisiasi Polri dalam melawan COVID-19, sebagai bentuk sinergi Polri bersama TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyelesaikan permasalahan COVID-19.

Bacaan Lainnya

Peresmian Kampung Tangguh diresmikan oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran di Kecamatan Cengkareng yang disaksikan langsung secara virtual dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan turut memberikan sambutan.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung Kampung Tangguh Jaya. Kami berharap sinergitas dan kolaborasi antara 3 pilar dan tokoh masyarakat dalam upaya kita menekan laju penyebaran COVID-19,” Kata Wakil Wali Kota Administrasu Jakarta Timur Hendra Hidayat.

Hendra berharap, Kampung Tangguh Jaya ini berjalan dengan baik dan pandemi segera hilang agar warga dapat beraktivitas kembali dengan normal.

Wakapolres Metro Jakarta Timur, AKBP Stefanus Tamuntuan, mengatakan, adanya Kampung Tangguh Jaya ini untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 dan membuat warga untuk terus berkreasi meningkatkan perekonomian dan pangan di masa pandemi.

Pihaknya pun telah mengecek Kampung Tangguh Jaya dengan melihat cara warga memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya tanaman, ikan dan lobster air tawar. Menurutnya, kegiatan swadaya masyarakat ini dapat memenuhi kebutuhan pangan selama pandemi.

Tak hanya itu, juga tersedia tempat isolasi mandiri bagi warga yang terpapar COVID-19 dengan penjagaan dari pihak RT dan RW setempat.

“Jadi warga yang positif dapat terpantau langsung dan diamankan di tempat isolasi agar tidak terjadi klaster penyebaran COVID-19. Selain itu juga warga yang diisolasi bisa mendapatkan pangan dari hasil area budidaya perikanan yang dibuat warga,” Jelas Stefanus.

Dari terbentuknya Kampung Tangguh Jaya ini, Ia mengapresiasi usaha warga Kelurahan Penggilingan dan berharap agar kampung ini tetap terjaga dengan baik. [Kominfotik JT/JS]

Pos terkait