Kankemenag Aceh Selatan Gelar Upacara HAB Ke-74

Foto : Dok. Humas dan Protokol Setda Aceh Selatan

Barometernews.id | Tapaktuan, Aceh Selatan, – Kantor Kementerian Agama (Kakemenag) Aceh Selatan melaksanakan upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama RI Tahun 2020, Jum’at (03/01). Upacara  berlangsung di halaman kantor bupati lama, Jalan Syech Abdurra’uf Tapaktuan.

Plt. Bupati Aceh Selatan berperan sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan Perwira Upacara dipercaya kepada Kepala Kankemenag Aceh Selatan Rislizar Nas, S.Ag, dan Komandan Upacara di pimpin oleh Sasfinda Jufri S.Ag , Guru MAN 1 Aceh Selatan.

Bacaan Lainnya
Foto : Dok. Humas dan Protokol Setda Aceh Selatan

Acara tersebut dihadiri unsur Forkopimda Aceh Selatan, Setda H. Nasjuddin, SH., MM, para Asisten, Kepala SKPK dan pejabat di lingkup Kankemenag Aceh Selatan.

Selain itu juga turut hadir para pensiunan ASN Kankemenag, para Pimpinan Dayah, Kabag Humas Setdakab Aceh Selatan Drs. Ramli Tanjung, dan undangan lainnya.

Upacara HAB ke-74 yang mengusung tema, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, diikuti oleh seluruh pegawai Kankemenag Aceh Selatan, dewan guru dan siswa-siswi dalam lingkup Kementerian Agama.

Plt. Bupati Aceh Selatan Tgk Amran menyampaikan amanat Menteri Agama RI diantaranya menyebutkan, Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.

“Saya perlu menegaskan disini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara,” Sebutnya.

Dikatakan, penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme.

Foto : Dok. Humas dan Protokol Setda Aceh Selatan

“Kesalehan beragama dan loyalitas bernegara harus saling mendukung satu sama lain. Kita dapat menjadi umat beragama yang saleh sekaligus menjadi warga negara yang baik,” Ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan HAB ke-74, Ustaz Khairuddin S.Ag., MA (Kasie Haji dan Umroh Kankemenag Aceh Selatan) seusai acara menjelaskan, peringatan HAB ke-74 juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan.

“Kegiatan-kegiatan ini berupa perlombaan yang diikuti jajaran Kankemenag Aceh Selatan,” Jelasnya. [Red/Sud]

Sumber,
Rilis dari Diskominfo dan Persandian Aceh Selatan

Pos terkait