Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H Lakukan Giat Safari Kamtibmas di Pasbar

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Pasbar, – Kunjungan Safari Kamtibmas Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, M.H, ke Polres Pasaman Barat yang dilaksanakan Kamis pagi (25/02) yang didampingi oleh beberapa petinggi Polda Sumbar seperti, Dir Reskrimsus Polda Sumbar, Kombes Pol Joko Sadono, SH., S.IK., M.H, Kabid Humas Polda Sumbar. Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, S.IK., M.si dan Kabid TI Kombes Pol Noor Tjahyo,  serta Kabid Hukum Kombes Pol Nina Febri Linda, SH juga rombongan lainnya, disambut langsung oleh, Kapolres Pasaman Barat  AKBP Sugeng Hariyadi SIK. Forkopimda Pasbar seperti Plh Bupati Pasbar  Yudesri,  Ketua DPRD Parizal Hafni, Kajari Ginanjar Cahya Permana, Dandim 0305 Pasaman Abdul Aziz dan stakeholder terkait lainnya, temasuk Waka Polres Pasbar, Para Kabag Res. Pasbar, Para Kasat serta seluruh Kapolsek juga Para Kasi dan perwira di lingkungan Polres Pasbar, serta Personil Polres Pasbar dengan iringan penampilan dari grup tari pasambahan Pasbar.

Foto Dokumentasi

Kunjungan Kapolda kali ini merupakan bukti keseriusan Polri dalam penyelamatan hutan lindung di Sumbar khususnya Pasbar.

Safari Kapolda Sumbar ini sesuai agenda antara lain di awali dengan temu ramah Kapolda dengan Forkopimda di ruangan Aula Polres Pasbar antara lain membahas tentang pengalih fungsian kawasan hutan tanpa izin di Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas.

Pada siangnya rombongan saat Ishoma melakukan Sholat Zuhur di Mesjid Agung Baitul Ilmi Res Pasbar dan dilanjutkan dengan memberikan arahan kepada personil Polres Pasbar di ruangan aula Bhayangkara Pasbar.

Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, MH kepada Barometernews.id menyampaikan bahwa sosialisasi terkait kawasan hutan harus tetap dilakukan kepada masyarakat, agar hutan di Provinsi Sumbar dan Kabupaten Pasaman Barat tetap terjaga. “Jangan ada lagi masyarakat yang mengolah hutan dengan cara membakar lahan,” Ujarnya.

Foto Dokumentasi

Kapolda juga meminta kepada Forkopimda Pasbar untuk tetap bersinergi dalam menegakkan hukum termasuk untuk menjaga dan melindungi hutan, baik hutan lindung maupun hutan produksi.

Dikatakannya, Media juga memiliki peran penting untuk sosialisasi kepada masyarakat, agar tidak ada lagi kebakaran hutan.

“Karena menjaga hutan dari kebakaran itu merupakan atensi Presiden RI, yakni kita harus menjaga dan memelihara hutan lindung, ini sebagai bentuk tanggung jawab kita semua. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hutan lindung tersebut, seperti melakukan penanaman pohon,” Jelas Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, MH.

Sementara itu, Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyad, SIK mengatakan selama ini tindakan kepolisian dalam penanganan Pengalihan Fungsi Kawasan Hutan Lindung sudah selalu dilakukan baik berupa sosialisasi dan penyuluhan terutama melakukan himbauan kepada masyarakat untuk tidak menduduki, menguasai maupun melakukan perambahan hutan.

“Khusus untuk kawasan hutang lindung dan hutan produksi tentang tidak boleh melakukan aktivitas di Air Bangis sudah kita tangani. Kita sudah melakukan penyelidikan tindak pidana melakukan kegiatan perkebunan tanpa izin di dalam kawasan hutan produksi. Kita juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap 30 orang masyarakat yang diduga telah melakukan perusakan kawasan hutan produksi dan hutan lindung,” Ucap Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi, SIK. [Zoelnasti]

Pos terkait