Kapolres Pasbar Buka Puasa Bersama dengan Insan Pers

Foto Dok. Terlihat Kapolres salam komando seusai memasangkan rompi kepada wartawan Barometernews.id
Barometernews.id | Pasbar, – Kapolres Pasbar buka puasa bersama dengan Insan Pers yang digelar di Aula Bhayangkara Polres Pasbar, Senin (10/4), kegiatan silaturahmi tersebut, selain dihadiri Kapolres Pasbar, AKBP Agung Basuki, S.IK., MM. terlihat juga hadir segenap jajaran PJU Polres, Humas Polres dan stakeholder terkait lainnya, termasuk kehadiran puluhan Insan Pers yang bertugas di Kabupaten Pasaman Barat.
Foto Dok. Kapolres saat memberikan sambutan

Kapolres Pasbar, AKBP Agung Basuki pada kesempatan jelang berbuka bersama tersebut mengatakan acara buka bersama ini digelar sebagai momentum silaturahmi antara Polres Pasbar dengan insan pers yang bertugas di Kabupaten Pasaman Barat.

Dikatakan Agung, momentum buka bersama ini selain menjalin silaturahmi antara jajaran Polri di wilayah Res Pasbar dengan insan pers, juga sebagai bentuk penguatan kemitraan yang ditandai dengan pemberian rompi Pers Mitra Polres Pasbar.

Bacaan Lainnya

Pemberian rompi Pers Mitra Polres Pasbar tersebut ditandai dengan pemasangan langsung rompi tersebut oleh Kapolres kepada puluhan wartawan yang hadir.

“Rompi ini kita berikan kepada rekan-rekan pers, adalah sebagai tanda eratnya jalinan hubungan kerjasama antara Insan Pers yang bertugas di Wilayah Polres Pasbar dengan instansi Polri khususnya, Polres Pasaman Barat dan jajarannya. Silahkan rompi ini dipakai saat rekan-rekan pers meliput di lapangan,” harap Agung.

Harapan Agung, dengan dipasangkannya langsung rompi tersebut ke seluruh insan pers, maka harapannya saat insan pers bertugas di lapangan rompi tersebut dapat dikenakan sebagai tanda pengenal, bahwa insan pers yang bertugas di kabupaten Pasaman Barat sudah bermitra dengan Polres Pasbar.

Foto Dok. Junir salah seorang Insan pers pasbar saat memberikan kultum nya

Pada kesempatan itu, Agung Basuki juga mengajak insan pers untuk menciptakan situasi yang kondusif dan menangkal berita hoaks, dengan memberikan informasi faktual kepada masyarakat.

“Nuansa buka bersama di momentum bulan Ramadhan yang penuh berkah dan bulan ampunan ini, mari kita rajut dan tingkatkan silaturahmi secara bersama,” ajak Agung.

Agung menyampaikan, pihaknya siap menerima masukan dan tidak alergi terhadap kritik, intinya pihak polres Pasbar khususnya dirinya tidak anti kritik, sebab dengan adanya kritik, pihaknya dapat mengambil sikap untuk perbaikan dalam melangkah pelaksanaan tugas ke depan.

Dikatakannya, kritikan akan membuat pihaknya untuk lebih giat lagi dalam menjalankan tugas sebagai penganyom masyarakat.

“Namun demikian, hendaknya informasi yang kami terima tersebut tentunya merupakan informasi yang faktual, sumbernya jelas dan merupakan hasil investasi yang mendalam, sehingga saat kami akan melangkah untuk menindak lanjuti info tersebut ada titik terang karena ada sumbernya yang jelas,” papar Agung.

Pada kesempatan itu, Kapolres Pasaman Barat, juga menegaskan akan menindak semua aktifitas atau kegiatan ilegal yang tidak taat hukum, hingga dapat dikategorikan sebagai illegal mining, demikian juga terhadap kegiatan penyalahgunaan atau penyelundupan BBM Subsidi.

Foto Dokumentasi

Menurutnya semua pertambangan ilegal, pertambangan liar, pertambangan tanpa izin (PETI), yang aktivitas pertambangannya tidak taat hukum dapat dikategorikan sebagai illegal mining terutama semua aktifitas yang menyalahi peraturan perundang undangan.

“Silahkan kasih masukan dan informasi kepada kami di Polres Pasaman Barat. apalagi wartawan di lapangan tentunya dapat banyak sumber informasi A1. Pastikan informasi itu akurat, tentu akan kami tindak lanjuti,” ujar Agung.

Dikatakannya, bila ada masuk informasi illegal mining, terutama semua aktifitas yang menyalahi peraturan perundang-undangan yang ada di wilayah Polres Pasbar, ia tidak akan segan dan tidak pandang bulu, semua akan ditindak tegas.

Pada kesempatan itu, AKBP Agung Basuki juga menyampaikan dan sekaligus mengundang insan pers Pasbar untuk ikut menghadiri pelaksanaan gelar pasukan pengamanan hari Raya Idul Fitri 1444 H yang akan dibuka pada Senin mendatang, (17/4) bertempat di halaman Mako Polres Pasbar.

Sebelumnya, salah seorang insan pers Pasbar, Andika Adi Sahputra dari reporter TVRI Padang sebagai perwakilan insan pers yang hadir, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas undangan berbuka puasa bersama yang dilaksanakan oleh Kapolres Pasbar ini.

“Ini suatu kehormatan bagi kami, apa lagi undangan Kapolres Pasbar ini merupakan instansi pertama yang ada di Pasbar yang mengundang insan pers Pasbar pada bulan suci ramadhan untuk buka bersama,” terang Andika.

Harapan insan pers yang disampaikan melalui Andika, hendaknya silaturahmi sambil berkomunikasi ini dapat berlanjut dan tetap terjaga antara insan pers dan Polres Pasaman Barat, bukan hanya di bulan Ramadhan ini saja.

“Salam presisi, kami sebagai insan pers, juga siap menangkal informasi bohong atau berita hoax yang beredar di lapangan. tentunya juga siap dengan fakta yang ada,” papar Andika.

Sebelum buka bersama dilakukan, salah seorang Insan Pers Pasbar, Junir Sikumbang dari Sumbarsatu.com didaulat oleh rekan-rekan pers untuk memberikan kultum jelang berbuka berupa tauziah agama.

Junir mengatakan, kegiatan buka puasa bersama ini selain untuk mempererat silaturahmi bersama awak media, juga melaksanakan perintah Allah SWT.

“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambung silaturahmi.” (HR Bukhari Nomor 5.985).

Demikian antara lain disampaikan Junir dalam mempertegas hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari.

Junir menambahkan, silaturahmi dapat mencegah dari api neraka. Hal ini sesuai dengan Hadis Nabi SAW. yang berbunyi, “Tidak akan masuk surga yang memutuskan tali kekerabatan (silaturahmi).

Bahkan disampaikan Junir, silaturahmi dapat terhindar dari laknat Allah, hal itu dalam QS ;Muhammad, 22 dikatakan, Maka, apakah sekiranya kalian berkuasa akan membuat kerusakan di bumi dan memutuskan hubungan silaturahmi? Mereka itulah orang orang yang dilaknat Allah, ditulikan telinganya, dan dibutakan penglihatan mereka.

Ditambahkan Junir lagi, Salah satu tanda beriman kepada Allah seperti yang tertulis dalam QS An Nisa: 1,

Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

Sedangkan Perintah silaturahmi وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا Wa’budullāha wa lā tusyrikụ bihī syai`aw wa bil-wālidaini iḥsānaw wa biżil-qurbā wal-yatāmā wal-masākīni wal-jāri żil-qurbā wal-jāril-zunubi waṣ-ṣāḥibi bil-jambi wabnis-sabīli wa mā malakat aimānukum, innallāha lā yuḥibbu mang kāna mukhtālan fakhụrā

Artinya: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS An Nisa: 36).

Terakhir Junir memaparkan dan menyimpulkan, manfaat silaturahmi menurut Islam antara lain yakni; Mendekatkan diri kepada Allah SWT. Menjaga kerukunan dan keharmonisan, Dijauhkan dari api neraka, Menjadi makhluk mulia,Memperpanjang umur dan melapangkan rezeki, Mendapatkan rahmat, Masuk surga, dan Menghibur kerabat, Menggugurkan dosa, serta Memperluas ilmu dan hikmah hidup, papar Junir mengakhiri.

Diakhir acara, seusai Sholat Maghrib berjama’ah Kapolres menyampaikan apresiasi kepada Insan Pers, dimana selama ini Insan Pers yang bertugas di kabupaten Pasbar dengan Jajaran Polres Pasbar, telah terjalin silaturahmi yang baik dan media telah banyak membantu kepolisian khususnya Polres Pasbar dalam menyajikan berbagai informasi bagi masyarakat.

“Momentum Silaturahmi ini sangat tepat bagi kita untuk saling berbagi, Terima kasih buat rekan-rekan pers yang salama ini sebagai penyambung informasi serta himbauan Polisi khususnya Polres Pasbar dan jajaran kepada masyarakat,” ungkap Agung.

Kapolres Pasbar, AKBP Agung Basuki S.IK., MM dalam penutupnya berharap agar hubungan silaturahmi antara Polisi dan wartawan terus terjalin.

“Mohon dukungan dari teman-teman pers, utamanya untuk menciptakan kamtibmas bersama melalui informasi kepada masyarakat Pasbar,” pintanya.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama. [Zoelnasti/jbm]

Pos terkait