Karang Taruna Meuligoe Jaya, Aceh Utara Gelar Pelatihan Manajemen Organisasi

Ist

Barometernews.id | Lhoksukon, – Pemerintah Gampong Kuta Meuligoe dan Karang Taruna “Meuligoe Jaya” Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara melaksanakan Pelatihan Manajemen Organisasi Karang Taruna bagi Anggota dan pengurus Karang Taruna Gampong setempat di Meunasah Gampong Kuta Meuligoe Kecamatan Sawang, Selasa malam (07/01).

Geuchik Gampong Kuta Meuligoe Murdani, S.Kom. mengatakan bahwa Kegiatan Pelatihan Manajemen Organisasi Karang Taruna dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan Bimbingan dan arahan kepada kawan-kawan pengurus agar dapat memahami teknis cara mengelola organisasi serta teknis membangun jaringan komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah maupun pihak lainnya.

Bacaan Lainnya

Murdani menjelaskan acara tersebut diikuti oleh ± 50 orang yang terdiri dari Pengurus Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, Ketua Karang Taruna Kecamatan Sawang, Pengurus Karang Taruna Meuligoe Jaya, Geuchik, Tuha Peut, Imum Meunasah, Kepala Urusan, Kepala Dusun, Tokoh dan Masyarakat Desa Kuta Meuligoe.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara. Sarjani, ST, melalui Kabid Hukum, Advokasi dan HAM Ade Oscar, S.H, selaku pemateri mengharapkan kepada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Meuligoe Jaya supaya menjadi mitra positif Pemerintah Desa Kuta Meuligoe untuk suksesnya pelaksanaan program pembangunan di Desa tersebut.

“Kiranya Karang Taruna Meuligoe Jaya sebagai Pageu Gampong Desa Kuta Meuligoe juga diharapkan menjadi mitra yang mampu menghubungkan Pemerintah Desa dengan masyarakat. Sebab Karang Taruna merupakan organisasi yang dekat dengan masyarakat, yang tentu memudahkan dalam menjembatani komunikasi dan sosialisasi Program Pemerintah Desa,” Harapnya.

Ist

“Karang Taruna Meuligoe Jaya selaku Pageu Gampong dan merupakan wadah organisasi yang diisi para pemuda diharapkan menjadi garda terdepan yang mampu menggerakkan dan membawa inovasi di Desa,

Apalagi saat ini merupakan era revolusi industri 4.0, kemudahan untuk berkreativitas dan akses informasi terbuka lebar, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di tingkat Desa,” Imbuh Ade Oscar.

Kedepan Pemuda Karang Taruna Meuligoe Jaya selaku Pageu Gampong harus siap menjadi garda terdepan dan terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan, sebab pemuda akan memegang tongkat estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang.

“Sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan oleh Karang Taruna, mulai dari kegiatan sosial, menjaga ketentraman atau keamanan di gampong, mendukung pemerintahan dalam segala kegiatan di gampong, menegakkan hukum adat gampong bersama imum meunasah, menyelesaikan sengketa antara pemuda di gampong dalam kehidupan bermasyarakat, olahraga, ekonomi dan lainnya,” Tutupnya. [Red/AOJ]

Pos terkait