Kelurahan Ciracas Raih 10 Besar Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional

  • Whatsapp
Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur masuk 10 besar dalam Lomba Tekonologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII Tahun 2021.

Lomba ini diselenggarkan  oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia di Jakarta secara daring. Ada tiga kriteria Lomba TTG ini yakni, Lomba Kelembagaan Posyantek Desa Berprestasi, Lomba Tekonologi Unggulan, dan Lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan.

Bacaan Lainnya

Camat Ciracas, Mamad, menuturkan, wilayahnya masuk dalam 10 besar lomba TTG Nasional XXII 2021 untuk kategori Lomba Kelembagaan Posyantek Desa Berprestasi, di Sekretariat Posyantek (Pusat Pelayanan Teknologi), Kantor Kecamatan Ciracas, Jalan Raya Ciracas, Jakarta Timur. Lomba ini bertujuan untuk menggali potensi dan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan TTG dan menjaring tekonologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Seleksi lomba dilakukan tanggal 7-9 September secara daring. Pemenangnya akan dipilih dan ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi data laporan dari daerah,” kata Mamad, Kamis (02/09).

Menurutnya, pemenang akan diumumkan  saat Pembukaan Lomba TTG Nasional XXII pada 20 September 2021 di Jakarta. Pemenang akan mendapatkan piala dan piagam dari Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Ia merincikan, nama daerah yang masuk dalam 10 besar ini adalah Kabupaten Bintan (Kepulauan Riau), Kemudian Lampung Timur (Lampung), Cilegon (Banten), Sumedang (Jawa Barat), Blora (Jawa Tengah), Tulung Agung (Jawa Timur), Tanah Bumbu (Kalimatan Selatan), Kota Bontang (Kalimantan Timur), Malinau (Kalimantan Utara) dan Jakarta Timur. Khusus DKI Jakarta, lokasinya berada di Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

“Kelurahan Ciracas sudah tiga bulan lalu mengikuti lomba ini dan ternyata kita masuk 10 besar, Alhamdulillah. Kolaborasi dengan stakeholder (pemangku kepentingan) dan arahan pimpinan tentu sangat mendukung untuk bisa masuk 10 besar ini,” Lanjut Mamad.

Ia menyebutkan, Kecamatan Ciracas memiliki Tim Kreatif Kecamatan, yang juga berperan dalam lomba ini. Baginya, tim ini berperan aktif kolaborasi dalam program pembangunan sanitasi, membantu bedah rumah warga tidak mampu dan kegiatan lainnya. [Kominfotik JT/JS]

Pos terkait