Kelurahan Pondok Labu Siagakan Sibat Waspada Potensi Bencana

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Masyarakat berperan penting dalam penanganan bencana di setiap daerah. Mereka yang peduli kondisi sekitar menjadi indikator masyarakat lebih mandiri.

Bagi masyarakat Kelurahan Pondok Labu, akronim Sibat sudah tidak asing lagi. Sibat merupakan kepanjangan dari Siaga Bencana Berbasis Masyarakat. Anggotanya terdiri dari berbagai unsur masyarakat seperti LMK, FKDM, pengelola RPTRA, PPSU, dan Kampung Siaga Bencana (KSB).

Bacaan Lainnya

Ketua Sibat Mahmudi menjelaskan,  sejak terbentuk pada awal Juli 2020 lalu, sudah ada enam orang anggota yang telah bergabung didalamnya.

“Sebenarnya ini program dari PMI, jadi dalam keadaan darurat kami selaku masyarakat bisa berkoordinasi langsung ke PMI. Ya pastinya PMI juga quick respon jika sudah ada penjelasan awal dari kami,” Ujar pria yang akrab disapa Mudi, Sabtu (30/01).

Mudi menjelaskan, setiap anggota dibekali kemampuan untuk menyemprot disinfektan. Meski pembekalan saat itu sekedar simulasi, tindakan itu mampu dipraktikkan secara profesional.

“Dibekali penanganan, pencegahan covid, penyemprotan mekanismenya seperti apa. Saat itu pelatihan hanya simulasi aja. Nah ke depan akan ada lagi program pembelajaran baru,” Katanya.

Mudi menuturkan,  saat menghadapi musim hujan ini, Mudi beserta tim merapat ke instansi pemerintah dan berbagai lembaga guna berkoordinasi untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi di wilayah Pondok Labu.

Terlebih, lanjut Mudi, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan telah membuat RW 07 sebagai Kampung Siaga Bencana. Kampung tersebut merupakan salah satu lokasi yang kerap banjir dan membutuhkan perhatian ekstra jika hujan turun. “Kita ke semuanya berkoordinasi, apalagi sudah ada Kampung Siaga jadi ya kita otomatis ikut di dalamnya,” Ungkapnya. [Kominfotik JS]

Pos terkait