Kelurahan Pulau Kelapa Apresiasi Kehadiran Sanggar Seni Pencak Silat Kembang Kelapa

Foto Dok. Kelurahan Pulau Kelapa

Barometernews.id | Jakarta, – Sanggar Seni Pencak Silat Kembang Kelapa di Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, diyakini memberikan dampak positif bagi generasi muda.

Sanggar yang terbentuk pada 2 September 2020, kini memiliki 34 orang terdiri dari usia 7 tahun hingga 25 tahun.

Bacaan Lainnya

Menurut Lurah Pulau Kelapa, Irfan Damanhuri, kehadiran sanggar pencak silat tersebut dapat melestarikan budaya asli Pulau Kelapa, dan menjadi aktivitas yang baik bagi anak-anak dan remaja, sehingga terhindar dari penggunaan narkoba serta tawuran.

“Kami akan terus mendukung kegiatan positif ini dan saya lihat terdapat pengajian juga. Pencak silat selain sebagai sarana olahraga bisa berpotensi menjadi budaya dan pendukung sektor pariwisata seperti untuk penyambutan tamu yang datang ke Kepulauan Seribu,” Kata Irfan, Senin (16/05).

Sanggar ini sendiri memiliki misi dan visi yaitu menjadikan generasi handal yang mengenal dan memahami seni dan budaya bangsa dengan akhlakul karima.

Ketua Sanggar Pencak Silat Kembang Kelapa, Mashabi mengaku, program sanggar pecak silat ini bertujuan untuk mempersatukan anak-anak pulau, mengekspresikan budaya dan kesenian pulau, melatih dan membimbing anak-anak untuk melestarikan budaya pulau, serta mewujudkan generasi Kelurahan Pulau Kelapa yang cinta agama, budaya, negara dan edukasi.

“Untuk latihan biasanya kami adakan di tempat sanggar dan RPTRA, setiap malam selasa dan rabu dari pukul 20.00-22.00 WIB untuk yang dewasa, sedangan untuk anak-anak setiap Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00-11.00 WIB. Setiap malam Kamis kami juga adakan yasinan bersama disanggar,” Tuturnya. [Kominfotik1000]

Pos terkait